Seorang manajer harus memutar otak mereka demi menjaga skuad tetap dalam kondisi prima dan siap berkompetisi. Salah satunya adalah dengan melakukan pembelian pemain di bursa transfer.

banner-ads

Pembelian pemain ternyata bukan proses yang mudah, setelah menentukan minat mereka, manajer harus meyakinkan petinggi klub untuk memberikan budget memadai demi pemain incaran mereka. 

Setelah mendapatkannya, kadang para manajer ini selalu kepincut untuk terus bekerja sama karena pola permainannya yang cocok dengan taktik mereka. Makanya ada beberapa manajer yang sampe merekrut satu pemain berkali-kali seiring kepindahannya ke klub lain.

Penasaran siapa aja para manajer tersebut?

Carlo Ancelotti & James Rodriguez

Yang paling mengejutkan dan yang terbaru dalam daftar ini adakah Carlo Ancelotti dan James Rodriguez. Kepindahan Ancelotti sendiri ke Everton musim lalu adalah sebuah kejutan tersendiri karena dirinya seakan mau ‘turun kasta’ demi menangani tim yang sering berkutat di papan tengah. Ancelotti sendiri pindah ke Everton setelah dirinya dipecat oleh Napoli yang ingin merekrut Gattuso sebagai manajer mereka.

Saat musim baru dimulai, Ancelotti memanfaatkan kondisi James yang gak jelas di Real Madrid. James yang jadi top skor di Piala Dunia 2014 pun pindah ke Everton dan tentunya banyak yang terkejut seperti ketika sang manajer pertama bergabung dengan mereka. Sebelumnya, Ancelotti juga yang membawa James ke Real Madrid dan kembali membawanya ketika menangani Bayern Munchen.

Jose Mourinho & Ricardo Carvalho

Mourinho emang orang yang keras, disiplin, dan jarang menunjukkan sisi sentimen pribadi. Tapi sepanjang karirnya, mungkin Ricardo Carvalho adalah pemain yang mampu mengungkap sedikit sisi sentimen dari manajer berjuluk The Special One ini. Carvalho adalah bagian dari skuad Porto ketika Mourinho membawa mereka juara Liga Champions secara mengejutkan pada tahun 2004. Lalu, dirinya juga memboyong pemain tersebut ketika pindah ke Chelsea dan jadi bagian dari tim juara The Blues. Kemudian ketika Mourinho menumbangkan dominasi Barcelona asuhan Pep Guardiola dengan jadi juara La Liga musim 2011/2012, Carvalho adalah bagian dari skuad Real Madrid saat itu.

Harry Redknapp & Peter Crouch

Striker jangkung ini adalah salah satu pemain yang malang melintang di sepak bola Inggris dan punya pengalaman dengan banyak klub. Beberapa kali bahkan dirinya bersua dengan manajer yang sama, Harry Redknapp. Keduanya udah bersama di tiga klub yang berbeda yaitu Portsmouth, Southampton, dan Tottenham. Momen paling spesial dari keduanya adalah mungkin ketika sama-sama mempersembahkan tempat di Liga Champions pada tahun 2011. Terlebih, gol Crouch di akhir musim lah yang bikin klubnya lolos ke kompetisi paling bergengsi di Eropa itu.

Well, kadang hubungan antara manajer dengan pemain gak berhenti walau mereka udah pindah klub. Seorang pemain bisa jadi favorit buat seorang manajer karena alasan pribadi seperti kecocokan dengan taktik yang diterapkan.

Siapa manajer yang punya hubungan baik dan spesial dengan pemainnya yang lo tau selain yang udah gue sebutkan tadi, Bro?