Bicara soal pemain sepak bola, setiap masa punya pemain hebat dan legenda mereka masing-masing. Salah satu generasi yang paling dekat adalah generasi sepak bola 2010-an, dimana ada dua nama besar yang selalu mendominasi sepak bola Eropa. Siapa lagi kalau bukan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi?

banner-ads

Salah satu dekade paling mengagumkan dan bersejarah untuk dunia sepak bola adalah dekade ‘90an. Dari dekade tersebutlah lahir para legenda abadi dunia sepak bola. Era ‘90an juga terkenal sebagai era kejayaan Serie-A, kasta tertinggi Liga Italia.

Tapi lo tau gak Bro, bahwa masih ada pemain yang memulai karir di dekade tersebut dan sekarang masih aktif di atas lapangan. Kalau dihitung-hitung, ini udah jadi dekade ke-4 mereka bermain sepak bola (‘90an, 2000an, 2010an, dan 2020). Berikut ini beberapa di antaranya, Bro.

Zlatan Ibrahimovic

Well, Ibra baru aja tanda tangan kontrak bersama AC Milan setelah menuntaskan petualangannya di MLS. Pemain asal Swedia itu memulai karir tim sepak bola kota kelahirannya, Malmo FF pada akhir dekade ‘90an dan mulai mencuri perhatian ketika berseragam Ajax Amsterdam. Zlatan sendiri terkenal sebagai pemain yang sering banget pindah-pindah klub dan setiap klub yang dibelanya pasti merasakan seenggaknya satu juara dari ajang bergengsi.

Gianluigi Buffon

Buffon jadi salah satu legenda paling dihormati di Italia. Dirinya tampil benar-benar impresif bersama Parma hingga akhirnya Juventus berani membayar mahal Buffon yang rekor transfernya bertahan selama belasan tahun. Legenda hidup Juventus ini sempat hijrah ke PSG meskipun cuma satu musim dan balik lagi ke Juventus walau kini cenderung jadi kiper pelapis. Belum ada tanda-tanda kontrak Buffon bakal diperpanjang. Tapi, memasuki tahun 2020 berarti Buffon udah bermain di 4 dekade yang berbeda.

Iker Casillas

Selain Buffon, kiper top yang masih aktif sejak tahun ‘90an adalah Iker Casillas. Dirinya dikenal karena banyak sekali penyelamatan-penyelamatan gemilang dan terbilang gak masuk akal yang berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan. Salah satu penyelamatan gawang terbesar yang dilakukannya mungkin adalah ketika dirinya menghalau tendangan Robben yang nyaris membuat Belanda unggul di final Piala Dunia 2010 lalu.

Claudio Pizarro

Striker veteran yang merupakan andalan tim nasional Peru pada masa emasnya ini juga memulai karirnya pada tahun ‘90an. Sekarang dirinya sudah berusia 41 tahun dan menjalani musim ke-12 nya di Bundesliga bersama Werder Bremen. 

Gareth Barry

Gareth Barry yang punya rekor sebagai pemain dengan penampilan di Premier League terbanyak ini juga merupakan pemain veteran yang memulai karir di era ‘90an. Barry hampir aja pensiun pada musim panas lalu, namun West Bromwich Albion memutuskan untuk memperpanjang kontraknya. Bahkan kemungkinan di akhir musim nanti Barry masih akan mendapatkan perpanjangan kontrak dari WBA.

Gokil ya Bro, walaupun udah terbilang tua untuk ukuran usia pemain sepak bola, mereka masih aktif banget terlibat di liga top Eropa dan jadi pemain penting untuk tim mereka.