Sepak bola itu olahraga universal yang disukai semua kalangan, mau itu cowok atau cewek. Yoi, sekarang udah banyak cewek yang berprofesi menjadi pesepakbola profesional loh.

Dan banyak juga diantara mereka yang jago banget main bolanya. Malahan, kemampuannya bisa dibilang setara sama pesepakbola cowok pada umumnya. Pasti lo penasaran kan? ini dia list pesepakbola cewek yang punya skill dewa

 

Hope Solo (Kiper AS)

Namanya mulai dikenal oleh publik saat doi berhasil membawa Amerika meraih gelar Olimpiade 2008 dan 2012. Solo emang punya reflek yang cepat seperti dibutuhkan seorang kiper. Coba aja liat sendiri beberapa aksinya yang keren banget.

 

Kelly Smith (Penyerang Inggris)

Pesepakbola ini enggak cuma dianggap legendaris sama Inggris, tapi juga sama klub Arsenal. Smith merupakan pemain spesial yang bisa mencetak 46 gol dalam 117 penampilan selama dua dekade karir internasional. Enggak cuma itu, doi juga membantu Inggris lolos ke Piala Dunia Wanita pertama mereka di tahun 2007. Smith juga anggota tim gabungan Inggris Raya yang mencapai perempat final Olimpiade London 2012.

 

Birgit Prinz (Penyerang/Gelandang Jerman)

Nah, kalo cewek yang satu ini merupakan pesepakbola yang punya kekuatan fisik dan kecepatan yang keren banget. Bayangin deh, Prinz jalani debut internasional nya saat usianya masih 16 tahun dan bisa cetak gol di ke-89, atau 17 menit setelah masuk sebagai pemain pengganti.

Doi juga punya peran besar nih saat Jerman menang Piala Dunia wanita 2003 dan 2007. Bahkan, Prizn dianugerahi Golden Ball.

 

Mia Hamm (Penyerang AS)

Hamm udah mencetak sebanyak 158 gol dalam sepak bola kancah internasional sebelum doi akhirnya pensiun pada 2014. Hamm buat debut internasionalnya saat masih berusia 15 tahun sampai akhirnya menghasilkan 275 caps bersama AS.

Hamm memenangkan pemain wanita FIFA 2001 dan 2002. Doi juga punya peran penting dalam Piala Dunia Wanita pada tahun 1991 dan 1999, yang dimana mengubah penalti dalam baku tembak di final terakhir. Dia juga merupakan bagian dari dua tim pemenang medali emas Olimpiade (1996, 2004) dan meraih medali perak pada tahun 2000.

 

Marta (Penyerang Brasil)

Marta sering disebut sebagai alter ego Pele dalam dunia sepak bola wanita Brasil. Cewek yang dijuluki "Pele in Skirt" ini punya kemampuan mengolah bola yang keren banget. Ya bisa dibilang kemampuannya kaya Lionel Messi gitu lah.

Bahkan, doi udah mengoleksi banyak penghargaan sebagai pemain wanita terbaik FIFA lima kali berturut-turut (2006 hingga 2010). Enggak cuma itu, Marta juga memenangkan Golden Ball dan Golden Boot di Piala Dunia Wanita 2007 dan merupakan top skor sepanjang masa dengan 15 golnya.