Memutuskan beli fullbike memang lumayan dilematis. Kadang part yang nempel di sepeda nggak selamanya sesuai dengan keinginan.banner-ads

Upgrade part meski sepeda masih tergolong baru sebenarnya sah-sah aja. Malah ini lebih baik karena part lama bisa bisa dijual lagi sebelum rusak, kalau memang lo mau.

Biasanya sih, pesepeda mengganti jenis sama ukuran ban yang dikasih dari pabrikan. Soalnya ganti ban lumayan ngaruh sama efek setelahnya.

Baca Juga: Mau Beli Sepeda Federal, Cek Tanda Ini





Kebanyakan sepeda baru ngasih ban buat all area. Padahal kalau lo mau fokus di tanah atau aspal, keduanya punya ban sendiri-sendiri.

Selanjutnya banyak juga yang upgrade sadel karena urusan kenyamanan memang nggak bisa ditawar sih. Tapi sebenarnya lo cuma butuh waktu untuk adaptasi, jadi jangan buru-buru ganti juga.

Pedal juga salah satu part yang sering mengalami penggantian. Lo bisa pilih yang flat dengan beberapa gerigi buat nempel di sepatu atau ya langsung beli yang cleat biar sepatu dan pedal nggak gampang terpisahkan.



Buat lo yang pakai road bike atau gravel bike, bar tape biasanya juga banyak yang diupgrade. Karet yang dikasih saat beli fullbike biasanya lebih keras dan kurang nyaman.

Terakhir sih mungkin stem buat lo yang butuh penyesuaian dengan sepeda. Ubah ukuran stem bakal memberikan efek yang besar banget sama gaya bersepeda.