Dalam industri liga sepakbola profesional, aktivitas transaksi pinjam-meminjam pemain secara temporer yang dilakukan oleh klub-klub sepakbola adalah hal yang udah biasa. Apalagi di liga-liga besar Eropa kayak Premier League, La Liga, ataupun Serie A, gengs. Hampir setiap klub papan atas di liga-liga tersebut pasti mempunyai ikatan kontrak peminjaman pemain—atau yang juga sering disebut dengan loan—untuk satu orang atau lebih.

Alasan sebuah klub yang meminjamkan pemainnya untuk bermain di klub lain juga bermacem-macem tuh gengs. Ada pemain yang di-loan karena mereka sekedar nggak dapet kesempatan main; ada pemain yang di-loan karena kurang happy berada di klub asalnya dan pengen cabut secara penuh tapi belum bisa; atau yang paling umum—kebanyakan pemain di-loan karena butuh pengalaman bermain lebih banyak.

Nah, buat pemainnya sendiri, dikirim ke klub lain dengan status loan bisa berarti merupakan sebuah kesempatan ataupun juga sebuah kemunduran. Semua balik lagi ke gimana mereka ngerespon hal itu. 

Baca Juga: Daftar Wasit yang Doyan Kasih Kartu Merah!



Tapi ternyata, ada banyak banget pemain yang menghabiskan sebagian besar masa karirnya dalam status pinjaman untuk klub-klub lain yang bukan klub asalnya gengs! Penasaran nggak siapa aja? Berikut beberapa nama-namanya!

1. Lucas Piazon

Penyerang sayap asal Brazil yang sekarang berumur 27 tahun ini awalnya dikontrak oleh klub profesional pertamanya—yaitu Chelsea—pada tahun 2011 lalu. Waktu itu doi masih berumur 17 tahun, gengs. Kiprahnya di klub itu ternyata nggak berjalan mulus dan doi cuma pernah main sekali bareng tim utama Chelsea.

Dengan kontrak yang masih panjang, Lucas Piazon akhirnya ngabisin 10 tahun berikutnya dipinjamkan ke klub-klub lain kayak Málaga, Reading FC, dan Fulham. Seperti bernasib kurang cemerlang, akhirnya doi dijual Chelsea dan dibeli sama klub bernama Braga dari liga Portugal pada awal musim 2021 lalu.

2. Joel Campbell

Pemain berumur 29 tahun ini dibeli oleh Arsenal pada tahun 2011 lalu setelah dua musim bermain di liga Kosta Rika. Meski begitu, ternyata karirnya di klub ini ternyata juga penuh cobaan. Akibat drama izin kerja, doi harus ngabisin 3 tahun pertama kontraknya di 3 klub yang berbeda. Sempet balik ke Arsenal 2 kali di 2 musim yang berbeda, Joel Campbell juga sempet mencatat 23 penampilan dan 3 gol bareng klub London itu.

Tapi, progres itu ternyata nggak bertahan lama. Akhirnya, doi balik lagi sering dikirim keluar ke klub-klub lain dengan status loan—sampai akhirnya doi dijual Arsenal pada tahun 2018 lalu.

3. Ryan Bertrand

Pemain lulusan akademi Chelsea ini mulai dikontrak oleh tim senior klub idamannya itu pada tahun 2005 lalu. Walaupun udah masuk ke klub yang dia mau banget, ternyata selama 6 musim pertama Ryan Bertrand malah lebih sering dioper-oper kayak bola ke klub-klub lain gengs! Doi sempet main di klub-klub kayak AFC Bournemouth dan Norwich City.

Meski sempet bisa bertahan di Chelsea dan dapet kesempatan main selama tahun 2011 sampai 2014, doi akhirnya balik lagi di-loan pada dua musim berikutnya sampai akhirnya dijual ke Southampton pada tahun 2015.