Pemilihan velg memang sepenting itu. Apalagi kalau sepeda lo adalah Road Bike yang memperhatikan banyak aspek.banner-ads

Saat sepeda dibawa dari toko, velg yang terpasang biasanya nggak bagus-bagus amat. Full bike biasanya punya bawaan wheelset yang bobotnya nggak bisa dibilang enteng.

Ini saatnya lo upgrade untuk kenyamanan bersepeda. Pemilihan velg juga penting buat lo yang memilih untuk merakit sendiri sepeda dan memilih semua speknya dengan beberapa pertimbangan.

Yang perlu jadi pertimbangan saat membeli wheelset baru adalah bahannya. Road Bike biasanya cocok untuk dijejali velg berbahan karbon atau alumunium.

Wheelset karbon sudah pasti punya keunggulan bobot. Bahan ini jauh lebih ringan dan mampu meredam getaran. Tapi velg berbahan dasar karbon sudah pasti lebih mahal.



Velg karbon juga punya risiko besar. Kalau tidak hati-hati menggunakannya alias terkena benturan yang hebat, velg bisa-bisa tidak lagi bulat sempurna. Kalau sudah begini, pasti akan repot untuk membuatnya menjadi seperti semula.

Kalau karbon belum terjangkau, tidak masalah buat membeli yang alumunium. Tapi pastikan bobotnya lebih enteng dari velg sebelumnya.

Ukuran velg juga berbeda sesuai kebutuhan. Kalau lo suka medan dengan elevasi beragam, baiknya sih pakai yang ketinggiannya di bawah 40 mm karena bobotnya lebih ringan.

Tapi kalau medan yang dilalui cenderung datar, wheelset aero atau yang ukuran wall-nya lebih tinggi dari 40 mm bisa jadi pilihan demi speed yang maksimal.

Pemilihan velg juga harus memperhatikan jenis rem yang dipakai di sepeda. Khusus buat yang pukai fixie tanpa rem, abaikan poin ini.

Nah, khusus untuk Road Bike, sayangnya nggak banyak pilihan velg yang support untuk disc brake.



Lo juga harus perhatikan rim wall yang punya lapisan berbeda-beda, mulai dari single sampai triple. Teorinya, semakin banyak rim wall jadi makin kuat menahan beban.

Poin terakhir yang harus lo perhatikan adalah harga dan brand. Ada beberapa rekomendasi brand yang bisa lo lirik, seperti Shimano Seri Pro, Campagnolo, Hed, Zipp, Lightweight, Enve, Corima, Vision, Aerospoke dan yang lainnya.