Popularitas sepeda gravel terus naik. Ada berbagai penyesuaian yang dilakukan oleh pabrikan sepeda demi membuat nyaman penggunanya.banner-ads

Sepeda gravel memang tidak mirip dengan roadbike. Dari dimensi ban saja terlihat, sepeda gravel yang dipakai buat melewati berbagai bentuk jalan lebih besar.

Begitu juga pada bagian stang. Meski identik memakai dropbar, tapi antara roadbike dan gravel modern nampak jelas perbedaannya. Biasanya sepeda gravel memakai dropbar dengan flare yang lebih lebar untuk memberikan keseimbangan saat melewati medan berat.

Baca Juga: Upgrade Sprocket Belum Tentu Bikin Sepeda Ngebut



Melihat permintaan pasar yang makin besar, beberapa merek pun berlomba bikin stang terbaik. Di bawah ini, ada rekomendasi stang dropbar untuk gravel:

1. Ritchey WCS VentureMax Karbon



Aero flat, flare yang besar, dan bio-bend untuk mengakomodasi bentuk telapak tangan kalian nih bro. Ada berbagai macam ukuran.

Ritchey menawarkan dropbar WCS VentureMax dalam versi karbon. Opsi serat karbon menghemat 42 gram berat dibandingkan dengan aluminium.

Selain perbedaan tersebut ada beberapa perbedaan kecil dalam spesifikasi tetapi secara garis besarnya tetap sama. Bagian flare juga besar tetapi tidak berlebihan cuma 24 derajat.

2. Surly Truck Stop Bar



Satu lagi stang yang punya kenyamanan saat bersepeda dalam jarak panjang. Surly Truck Stop Bar bisa digunakan untuk menyesuaikan geometri pada sepeda, membuka kemungkinan posisi tangan tetap nyaman.

Kalau lo naikin stem, dropbar ini juga punya posisi yang bisa diatur lebih tegak untuk kebutuhan touring. Jarak jatuhnya bisa naik 30 mm, itu membuat flare lebih tegak dan jauh lebih mudah diakses.

3. Enve G Series Gravel Handlebar



Enve Gravel Handlebar mengkhususkan untuk audiens pembalap gravel. Itu juga jadi pilihan terbaik saat ini untuk pecinta gravel.

Fitur yang paling khas adalah radius tikungan yang ketat di ujung flat. Sangat sedikit ruang yang hilang saat kita menikung.

Sementara di sisi lain, kalian bakal punya ruang lebih banyak pada bagian aero selain untuk tangan, bisa membawa tas atau memasang lampu.