Dari luar sih nggak terlalu terlihat jauh di antara air atau coil spring suspension. Tapi cara kerja dan kenyamanannya pasti berbeda saat digunakan.banner-ads

Seperti namanya, air suspension adalah suspensi yang menggunakan tekanan udara atau air pressure. Sistem itu ada di dalam tabung tertutup yang biasa disebut chamber.

Tingkat kekerasan air suspension tergantung dari tingginya tekanan udara yang ada di dalam chamber. Suspensi ini punya kelebihan lebih ringan dibandingkan model coil atau pegas.

Baca Juga: Komponen yang Nggak Penting Ada di Sepeda





Air suspension juga punya kelebihan sangat mudah diatur tingkat kekerasannya. Selain itu, karena nggak ada coil di dalamnya, suspensi ini nggak mudah mentok.

Tapi air suspension juga punya kelemahan. Suspensi ini kurang responsif terhadap guncangan yang kecil.

Selanjutnya, coil spring suspension adalah suspensi yang menggunakan pegas atau per. Suspensi ini memiliki respons yang jauh lebih responsif dibandingkan dengan air suspension.

Kelebihan coil spring suspension adalah harga yang lebih murah dan perawatan yang cenderung lebih mudah.



Sayangnya, suspensi tipe ini akan lebih sering terasa mentok jika dipakai di medan yang berat. Tidak banyak coil spring suspension yang didesain untuk menerima tekanan atau guncangan yang kuat.