Memilih pedal sepeda jangan asal-asalan. Lalu, muncul juga pertanyaan, sepenting apakah memakai pedal cleat?banner-ads

Ada banyak keuntungan ketika lo memakai pedal cleat. Salah satunya menambah daya dorong setiap kayuhan.

Pedal cleat membantu kita tak cuma menekan, tapi juga bisa membuat dorongan. Jika memakai pedal biasa hanya satu bagian kaki yang bergerak dalam setiap kayuhan, memakai cleat kedua kaki bisa sama-sama bergerak misalnya menekan di sebelah kiri dan kaki kanan mengangkat.

Baca Juga: Upgrade Sprocket Belum Tentu Bikin Sepeda Ngebut



Tapi memakai pedal cleat tentu saja juga harus ada investasi untuk membeli sepatunya yang sesuai.

Pilihan pedal cleat di pasaran juga banyak dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya. Ada beberapa pilihan terbaik buat kalian pecinta gravel.

Selain fungsional, beberapa pertimbangan juga dari segi mudahnya membersihkan kotoran buat kalian para petualang.

1. Shimano M520



Pedal termurah Shimano ini jadi ikon komponen hemat biaya. Tapi keandalan dan kinerjanya lumayan oke untuk melintasi berbagai medan.

Ada pilihan gerigi yang bisa disesuaikan. Cara membersihkannya pun cukup mudah, dengan bodi logam yang juga melindungi dari benturan.

Satu-satunya kelemahan adalah bantalan yang dapat diservis tersembunyi, meski sudah disediakan alat untuk membukanya.

2. Crankbrothers Eggbeater 3



Tidak ada yang lebih ringkas daripada Crankbrothers Eggbeater 3. Pegas koil dan desain pedal ini bisa mudah dibersihkan.

Crankbrothers Eggbeater 3 juga disebut memakai pegas baja tahan karat. Juga ada 'sayap' untuk meningkatkan kekuatan dan mengurangi korosi.

Dari segi bobot juga jauh lebih rendah daripada pedal trail dengan harga yang sama. Tapi 'sayap' yang terbuka jelas lebih rentan terhadap kerusakan.

3. Look X-Track Race



Look dulu memiliki interpretasi tentang sistem. Tetapi sekarang mereka berubah, mengalihkan fungsi dengan desain yang hampir serupa dengan Shimano.

Look X-Track Race adalah pedal tingkat kedua dalam jajaran X-Track dengan bodi komposit bertekstur lebar 60mm untuk cengkeraman dan dukungan lebih banyak di luar clipless logamnya.

Harga dan beratnya sedikit tinggi tetapi Look X-Track Race jelas merupakan sweet spot dibandingkan dengan versi karbon yang hanya menghemat 14g dengan harga yang jauh lebih mahal.