Ada banyak pilihan tas yang buat gravel bike. Kita mulai dari yang bisa ditaroh paling depan ya, bro.

banner-ads

Pertama ada Handlebar Bag yang sesuai namanya pasti ditaroh di setang. Tas ini juga ada dua jenis, dengan zipper atau digulung.

Baca Juga: Ngerawat Sepeda Lipat dengan Tepat

Kalau lo pilih yang kedua, maka barang yang ada di tas ini adalah yang nggak lo pakai selama perjalanan. Selain tas, handlebar juga bisa dijadikan tempat untuk menyimpan sleeping bag.

Tapi jangan simpan barang yang berat di sini ya, karena bakal mempengaruhi handling sepeda.

Turun ke bawah, ada juga Fork Bag yang disimpan di samping ban. Tas ini biasanya kecil dan cuma untuk beberapa barang yang nggak terlalu berat.

Sebenarnya ada juga Stem Bag, tapi nggak direkomendasikan buat lo yang sudah pakai Handlebar Bag.

Lo juga bisa memakai Top Tube Bag yang bisa buat menyimpan beberapa barang penting. Handphone, dompet atau yang lainnya bisa nih lo simpan di sini karena gampang banget menjangkaunya.

Di bawah itu ada juga Frame Bag yang biasanya dijadikan tempat untuk menyimpan beberapa barang yang lumayan berat, seperti tools, pompa, sparepart, ban dalam dan yang lainnya.

Saddle Bag juga menjadi salah satu tas yang sering jadi andalan banyak pesepeda. Tas ini biasanya lumayan besar dibandingkan yang lain, bisa untuk tempat menyimpan baju ganti atau yang lainnya.

Kalau Saddle Bag masih kurang besar, ada Pannier Bag yang bisa jadi andalan. Tapi tas ini butuh holder tambahan lagi.