LAzone
apex cover
Sport

Polemik Game Battle Royal dalam Esport

  • 08 March 2019
  • 436 views

Game battle royale disebut tak termasuk dalam kategori Esport, setuju?

LAZONE.ID -

Apex Legends kini tengah menjadi pembicaraan di mana-mana. Ia sudah berhasil mengungguli kepopuleran Fortnite dan game battle royale lainnya yang sempet jadi bahasan utama akhir-akhir ini. Kesuksesan mereka membuat game battle royal seolah hidup kembali dan jadi pasar yang besar di dunia Esport.

Beberapa tahun sebelumnya orang-orang mungkin hanya berpikir dengan League of Legends dan DOTA 2 sebagai game tradisional Esport yang lazim dan dikenal luas. Namun berkat lahirnya Fortnite, Player Unknown Battlegrounds (PUBG) hingga Apex Legends membuat suatu pembaruan dalam kompetisi Esport.

Mereka membuat pertarungan dalam kompetisi Esport jadi terasa baru karena sistem pertandingan yang berbeda dan melalui banyak tahap-tahapan. Adapula yang menyebut battle royale bukanlah bagian dari Esport. Game-game Esport seperti DOTA 2, Overwatch dan League of Legends mengatur kompetisi mereka berdasarkan peringkat pemain.

Sebagai contoh, salah satu pemain Fortnite terbaik di dunia, bisa saja masuk dalam game yang sama dengan seseorang yang baru saja main game tersebut di belahan dunia lainnya. Mereka bertemu secara random dan tak dibatasi berdasarkan peringkat.



Tyler 'Ninja' Blevins merupakan top player di Fortnite, ia terkenal dan memiliki banyak pengikut di dunia maya. Namun ada sebuah pertanyaan yang selalu ditanyakan para pengikutnya, seberapa hebatkah dirinya? Ia tak bermain bersama top player lainnya, ia main bersama dengan para amatir di belahan dunia lainnya.

Sementara itu League of Legends bisa memisahkan antara Challengers dengan Grandmaster, dan tak membuat seorang yang di level atas untuk bermain dengan para pemain pemula. Mereka merangsang para pemain untuk meningkatkan ranknya agar bisa naik kelas dan melawan player yang lebih hebat lagi.

Jadi mungkin saja jika Esport masih dalam arti tradisional seperti sebelumnya, maka game battle royal tak mungkin masuk di dalamnya. Namun seiring perkembangan jaman, para player butuh sesuatu yang baru dan menghibur tentunya.

Menurut Anda, apakah game battle royale masuk dalam Esport atau tidak?