Bradley Smith mungkin merupakan rider MotoGP yang mencemaskan nasibnya. Red Bull KTM Factory Racing tersebut bisa terdepak akhir musim ini dan digantikan Mika Kallio.

Smith sejatinya merupakan rider utama KTM sejak awal musim lalu dibeli dari Yamaha Monster Tech 3. Smith juga yang merayu Pol Espargaro untuk ikut bersamanya ke KTM untuk bersama-sama mengembangkan RC16.

Namun saya kini justru Smith yang ketar-ketir di sana. Rumor bahwa posisi Smith dan Kallio ditukar pun beredar di paddock.

"Jelas kami punya enam kesempatan wildcard untuk 2018. Itu sudah cukup dan itulah jumlah maksimal dalam semusim. Kami punya kontrak dengan Pol dan Bradley. Bagaimanapun, rencana kami tetap melanjutkannya. Tapi jika Mika terus menunjukkan tekanan (pada Smith), Anda harus memperhatikannya," ujar Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer.



Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa dalam MotoGP Aragon, KTM hanya memberikan perangkat sasis terbaru kepada Espargaro dan Kallio, sementara Smith yang justru terpuruk di posisi ke-19 tak mendapatkannya. Beirer pun yakin perbandingan Smith dan Kallio tidak adil.

"Jelas takkan ada keputusan sebelum Valencia. Di sanalah Bradley dan Mika bertemu lagi. Tapi juga benar bahwa perbandingan ini lebih baik dilakukan dengan melihat kondisi motor yang mereka kendarai. Bagaimanapun, kami akan tetap punya tiga rider KTM berkat enam wildcard tahun depan," pungkasnya.

banner-ads