Menerima pinangan Real Madrid di tangah fokusnya membawa timnas Spanyol ke Piala Dunia Rusia 2018 ternyata punya dampak mengejutkan buat Julen Loptegui dan timnas Spanyol. Lopetegui terpaksa mundur dari timnas di detik-detik gelaran Piala Dunia 2018 dihelat.

Keputusan instan pun langsung diambil oleh Asosiasi Sepakbola Spanyol, RFEF. Posisi kepala pelatih dijatuhkan kepada Direktur Olahraga timnas Matador, Fernando Hierro yang merupakan legenda timnas Spanyol dan Real Madrid.

Potensi Polemik Hebat Usai Spanyol Mendadak Pilih Hierro Jadi Pelatih

Langkah mengejutkan ini diperkirakan akan menjadi potensi polemik hebat andai Hierro kurang oke membawa Sergio Ramos Cs di pentas akbar sepakbola terbesar di dunia nantinya.

Statistik yang diperlihatkan Loptegeui selama membawa Spanyol cukup oke meski belum terbukti untuk ajang Piala Dunia. Hierro pun belum berpengalaman betul untuk menangani sebuah timnas sebagai kepala pelatih utama.

Tapi keputusan cepat memang harus dibuat menyusul Lopetegui yang menerima tawaran menggantikan Zinedine Zidane di El Real. Sebelumnya ada wacana Lopetegui akan dipertahankan usai gelaran World Cup kelar.

Keputusan ini juga memancing beberapa orang berkomentar. Di balik antuasias dan tertantangnya Hierro menangani timnas Spanyol, banyak pihak menyebut situasi timnas yang jadi juara pada Piala Dunia 2010 sungguh aneh seperti diutarakan striker Inggris, Jamie Vardy.

banner-ads