Berbeda denga Piala Eropa 2020 yang maraton digelar di beberapa negara Eropa, Piala Eropa 2024 akan digelar di Jerman. Jerman menang secara resmi sebagai tuan rumah ajang akbar Eropa tersebut.

Jerman mengalahkan pesaing terberatnya, Turki yang juga jadi kandidat Piala Eropa 2024. Di turnamen terbesar yang mempertemukan tim nasional anggota UEFA itu, Jerman secara sah menjadi tuan rumah untuk Piala Eropa 2024 setelah jajak pendapat Komite Eksekutif UEFA yang berlangsung di Nyon, Swiss.

Turki adalah pesaing terkuat Jerman dalam hak tuan rumah Piala Eropa 2024. Jerman mendapatkan 12 suara, sementara Turki hanya mendapat dukungan empat suara. Sedangkan satu suara tak sah.

Resmi, Jerman Tuan Rumah Piala Eropa 2024


Prosedur pemilihan ini bersifat transparan dan dilakukan jajak pendapat yang dilakukan secara demokrasi. Karenanya Turki mesti pasrah soal resminya Jerman menjadi tuan rumah.

Dengan kepastian ini, maka Piala Eropa 2024 akan kembali digelar di satu negara. Sebab, Piala Eropa 2020 akan berlangsung di 12 kota pada 12 negara berbeda.

Euro Cup 2016 lalu sendiri digelar di Prancis dan mengeluarkan Portugal sebagai pemenang usai mengalahkan tim tuan rumah.

Piala Eropa 2024 merupakan kali pertama negara tersebut menjadi tuan rumah bagi Jerman. Sebelumnya, Tanah Bavaria pernah merasakan kehormatan tersebut, namun masih berbendera Jerman Barat pada 1988.

banner-ads