Valentino Rossi mengatakan dia akan senang jika Yamaha memiliki kesempatan untuk merekrut bintang Ducati, Andrea Dovizioso sebagai pembalap tes untuk 2021. Masa depan Dovizioso di MotoGP tidak pasti setelah dia mengumumkan akan berhenti dari Ducati pada akhir musim, mengakhiri kemitraan delapan tahun yang telah menghasilkan 14 kemenangan dan tiga kali runner-up.banner-ads

Saat itu, Dovizioso mengaku tidak punya rencana B untuk masa depannya. Meski rider yang tengah memimpin klasemen sementara itu masih belum menawarkan pembaruan kontrak.

Dia telah dikaitkan untuk membalap dengan Aprilia yang juga telah berbicara dengan Cal Crutchlow. Tetapi CEO Massimo Rivola mengakui Aprilia kemungkinan besar tidak mampu membeli Dovizioso.



Dovizioso terbuka untuk mengambil cuti panjang pada 2021, dengan peran sebagai pembalap tes kemungkinan akan melibatkan penampilan wildcard, meskipun hanya Aprilia yang dapat menawarinya lebih dari tiga balapan karena aturan konsesi.

Dengan peran Jorge Lorenzo sebagai pembalap tes Yamaha yang tidak terjamin setelah tahun ini, Rossi ditanya apakah dia ingin Dovizioso sebagai alternatif?

"Tentang Dovi pasti! Saya akan menandatangani sekarang untuk memiliki Dovi sebagai pembalap tes," ungkapnya.

"Tapi saya pikir, dan saya berharap dia akan menemukan motor untuk balapan, karena saya pikir dia muda dan cepat untuk balapan."

Setelah musim 2019 yang membawa malapetaka bersama Honda, Lorenzo pensiun dari balapan pada akhir tahun dan kembali ke Yamaha sebagai test rider.

Namun, ia baru menyelesaikan dua hari pada M1 spesifikasi 2019 tahun ini. Ia hanya tampil di Sepang. Lorenzo baru akan mengendarai Yamaha di sirkuit Algarve dalam beberapa minggu mendatang sebagai bagian dari tes ban Michelin menjelang Grand Prix Portugal akhir musim November.