Ada istilah yang mengungkapkan bahwa “Football is nothing without fans”. Sepak bola bukan apa-apa tanpa penggemar emang benar adanya, Bro. Sebuah klub bisa maju dalam sebuah kompetisi maupun maju secara finansial karena fans mereka yang loyal dan membuat nama klub menjadi besar.

banner-ads

Fans yang datang ke stadion dapat menghadirkan atmosfer yang berbeda baik untuk tuan rumah maupun lawan yang bertandang. Fans yang loyal dan “berisik” di bangku penonton bahkan dapat mengintimidasi lawan yang hadir ke sana.

Karena itu jugalah banyak klub berlomba untuk membuat stadion dengan fasilitas sebaik mungkin dan juga kalau bisa dengan kapasitas sebesar mungkin. Tapi, siapa sih klub dengan rata-rata penonton terbanyak setiap pertandingannya musim ini?

Barcelona - Camp Nou (72.438 penonton)

Markas dari Lionel Messi CS ini emang terkenal sebagai salah satu stadion dengan kapasitas terbesar di Eropa, bahkan dunia. Fans Barcelona mungkin jadi salah satu yang paling mengintimidasi di Eropa dengan rata-rata kehadiran di atas 72.000 penonton setiap pertandingannya. Gemuruh penonton bakal terdengar setiap kali tuan rumah mencetak gol ke gawang lawan.

Manchester United - Old Trafford (72.569 penonton)

Meskipun sedang menjalani musim yang mengecewakan, Manchester United nampaknya tetap mencatatkan kehadiran penonton yang sangat tinggi di stadion. Dengan rata-rata jumlah penonton per pertandingan sedikit di atas jumlah milik Barcelona, Old Trafford masih jadi salah satu stadion paling bergemuruh di Eropa ketika mengadakan sebuah pertandingan.

Bayern Munchen - Allianz Arena (75.000 penonton)

Bayern Munchen dengan rata-rata 75.000 penonton per pertandingan menjadi klub urutan ke-2 dengan penonton terpadat di stadion. Raja bundesliga ini emang selalu menjanjikan permainan yang ciamik di atas lapangan dengan dan dihiasi banyak bintang kelas dunia di dalamnya. Fans klub Jerman yang terkenal sangat loyal terhadap klub mereka juga jadi salah satu penentu hal tersebut.

Borussia Dortmund - Signal Iduna Park (81.132 penonton)

Ngomongin soal fans sepak bola Jerman, tentu aja fans yang satu ini selalu masuk ke dalam pembicaraan. Signal Iduna Park terkenal dengan Yellow Wall-nya yang merupakan barisan pendukung setia dari Borussia Dortmund. Bahkan, dari jumlah penduduk kotanya yang hanya 500.000 orang, sekitar 80.000 orang bakal memadati stadion tersebut di hari pertandingan. Selain padatnya penonton yang hadir, atmosfer yang dihadirkan Yellow Wall juga terkenal sebagai salah satu yang paling mengintimidasi lawan di Eropa.

Kalau dikasih kesempatan, stadion klub Eropa mana nih yang pengen lo kunjungi, Bro?