Ducati merasa selalu menjadi pihak yang dirugikan. Apalagi terakhir penggunaan winglet dilarang.
Mereka menganggap aturan tersebut tidak punya alasan kuat. Selama ini, tak pernah ada pihak yang dirugikan dengan penggunaan winglet.
Bahkan, hampir semua pabrikan juga memakai anti wheelie tersebut. Tapi saat ini yang terus dibahas adalah soal keamanan para rider.
Mereka menganggap itu tidak adil. Sebab yang mereka lakukan berbeda dengan Honda beberapa musim lalu yang memperkenalkan seamless gearbox.
"Itu memberikan keuntungan dari segi kecepatan mungkin sepersepuluh detik. Itu juga sangat mahal. Semua pihak yang masih menggunakan gearbox konvensional harus segera mengembangkan seamless gearbox sendiri. Kami melakukan itu dengan menghabiskan banyak uang," kata bos Ducati, Paolo Ciabatti.
Ciabatti pun berang, ia menganggap alasan tentang keselamatan itu sangat kekanak-kanakan.