Ducati pada awalnya merasa kecewa dengan regulasi soal pemakaian winglet. Sebab, dengan tanpa sayap anti wheelie itu motor bisa tak terkendali dan berbahaya.
Hal tersebut diungkapkan oleh bos Ducati, Luigi Dall'Igna yang juga konsen terhadap aerodinamika. Seluruh tim merasa khawatir dengan regulasi tersebut.
Namun Desmosedici GP17, memang seperti dibangun ulang. Bahkan tanpa winglet pun motor dianggap terasa nyaman.
Casey Stoner sebagai rider test Ducati mengatakan, bahwa perubahan besar terjadi pada motor. Ia menganggap tanpa winglet, motor menjadi lebih baik.
"Saya merasa transisi winglet telah melaju ke arah yang benar. Saya kira motor terasa lebih mudah dan ringan saat mengubah arah," kata rider yang juara bersama Ducati pada 2007 itu.
Si kurri-kurri boy mengatakan bahwa terobosan Ducati sangat baik. Ia juga yakin motor tersebut bisa kompetitif tanpa adanya winglet.
"Kami sedang menuju ke arah yang benar, tapi kami juga sedang mencari stabilitas pada pengereman," ujarnya.