banner-ads

Sudah lebih dari tiga tahun sejak Yamaha meluncurkan XSR700, dan penjualannya lambat. Padahal XSR700 adalah motor yang mantap untuk dikendarai dengan twin inline 689cc.

Tapi motor itu dianggap punya kelemahan dari sisi visual. Builder pun terdorong untuk melakukan modifikasi karena celah di XSR700 itu.

Seperti Arjan van den Boom dari Ironwood, yang berhasil melakukan home run.

"Pelanggan itu meminta saya sesuatu yang keren. Berbeda, berkelas, dapat dilalui baik di Amsterdam atau Ibiza, dan terinspirasi oleh Yamaha TW," kata Arjan.



"Ini adalah motor yang menyenangkan: padat, bertenaga yang cukup, penanganan yang menyenangkan dan hanya dibuat untuk penyesuaian estetika."

Pelanggan menginginkan motor yang terlihat 'brutal' tetapi juga baik untuk dikendarai. Inspirasinya juga adalah cafe racer XSR700 TW.

"Tetapi dengan posisi berkendara yang tegak dan penanganan yang lebih baik," tuturnya.

Hebatnya, ubahan ini tidak ada pengelasan atau pemotongan. Sebaliknya, kru Ironwood telah mencangkokkan seluruh front end Yamaha YZF-R1, termasuk pengereman.



Roda 17-inci adalah pelek karbon kelas Rotobox RBX2. Mereka memakai ban Pirelli Diablo Super Corsa.

Jok baru ini dibuat oleh Miller Kustom Upholstery dan tepat di bawahnya terdapat panel samping aluminium.

Transformasi visual terbesar adalah tangki. Ini adalah mahakarya dari spesialis aluminium Marcel van der Stelt, yang juga menciptakan fender depan baru.

Arjan sudah menjadi duta besar merek untuk Husqvarna, dan dia terbuka untuk berkolaborasi dengan produsen lain. Seperti dengan Yamaha ini.