5 Komunitas yang Mendukung #BedaItuKita

LAZONE.ID - Di masa pandemi ini, kita tetap harus bersatu tanpa pandang bulu

Hidup di Indonesia berarti harus bisa merangkul perbedaan, seperti halnya slogan Bhineka Tunggal Ika.

Berbeda bukan berarti halangan untuk bersatu. Ada banyak banget komunitas yang merangkul persamaan hobi yang menghubungkan orang-orang dari segala latar belakang.

Karena #BedaItuKita, ini beberapa komunitas yang menyatukan segala perbedaan yang ada:


1. Proud Project



Proud Project hadir sebagai platform untuk seseorang yang ingin membagikan kisah-kisah positif mereka ke orang lain. Lewat media sosial Instagram di @proud.project, komunitas ini memberikan konten, inspirasi, dan menebarkan positivity buat audiens mereka.

Lewat konten-konten tersebut, Proud Project berharap bisa membuat audiens mereka berpikir dan berefleksi. Yang lebih penting lagi adalah berdamai dengan dirinya sendiri


2. Komunitas Bold Riders



Buat anak muda yang hobby motoran, nggak peduli apa pun tunggangan lo, dari mana pun lo berasal, loe bisa bergabung dengan komunitas Bold Riders yang tersebar di banyak kota seluruh Indonesia.

Komunitas ini aktif juga di Instagram @boldriders memberikan informasi seputar otomotif, tips berkendara, anggota komunitas di dalamnya dan banyak hal-hal lainnya terkait motor. Bergabung dengan komunitas dengan hobi sama bakal bikin koneksi makin berkembang dan juga merasakan spirit of brotherhood!


3. Young Interfaith Peacemaker Community



Gesekan soal agama dan keyakinan sering banget terjadi di Indonesia dan bisa memicu pertikaian. Namun hal itu nggak akan terjadi kalau kita sama-sama membuka diri dan merangkul satu sama lain.

Consortium for Religious Studies (ICRS) Yogyakarta menggagas sebuah komunitas bernama Young Interfaith Peacemaker Community. Sebuah komunitas lintas agama yang rutin menggelar Peace Camp dan menyuarakan kedamaian dalam beragama dengan visi “generasi damai yang berdasar atas kasih kepada Allah dan sesama”.

Komunitas ini aktif mengunggah kegiatan mereka di Instagram @yipcindonesia.


4. Toleransi.id



Seperti namanya, komunitas Toleransi.id mengajak anak-anak muda buat lebih peduli dengan menebarkan toleransi. Mereka mengajak anggota komunitasnya buat menebar inspirasi, berkolaborasi, dan menciptakan sesuatu yang berdampak besar.

Di Instagram @toleransi.id, ada ratusan konten kreatif yang berbicara soal toleransi. Lewat konten-konten ini loe juga bisa mulai membuka diri untuk lebih merangkul perbedaan.


5. Peace Generation Indonesia



Siapa sih yang nggak suka kondisi damai? Walaupun simpel diucapkan, tapi kedamaian terbilang tidak mudah didapatkan. Lewat Peace Generation Indonesia, anak-anak muda dikembangkan dan dilatih untuk melakukan gerakan perdamaian. Tanpa memandang latar belakang dan suku bangsa, semua tentu ingin damai, kan?

Lewat pelatihan dan kampanye aktivasi perdamaian, Peace Generation Indonesia ingin membuat lebih banyak orang lagi yang sadar soal pentingnya kedamaian. Nggak cuma buat dunia luar tapi juga diri sendiri. Loe bisa ikutin Instagram mereka di @peacegenid.

Aksi yang dilakukan komunitas-komunitas di atas patut dijadikan contoh dan dapat memperkuat jalinan persaudaraan Indonesia. Oleh karena itu, kita tetap harus bersatu tanpa pandang bulu karena #bedaitukita seperti video di bawah ini: