Inspiring People

Ada "Darah Indonesia" di Balik Desain Mobil VW

  • 06 June 2017
  • 1207 views

Mojang Bandung jadi Perancang Mobil VW.

LAZONE.ID -

Banyak banget nih sekarang putra bangsa yang berhasil menoreh prestasinya di dunia. Dengan kemampuan hebat yang dimilikinya mereka mampu menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang pantas untuk bersaing di kancah internasional, seperti Chris Lesmana.

Ia merupakan salah satu putra bangsa yang menjadi perancang mobil kelas dunia. Yap, pria yang lahir di Bandung, Jawa Barat ini merupakan perancang mobil Jerman Volkswagen atau yang lebih dikenal dengan singkatan VW. Jadi jangan heran ya kalo ada beberapa mobil VW ada “darah Indonesia-nya”, dalam artian orang Indonesia ikut terlibat dalam pembuatan mobil itu.

Sejak remaja Chris sudah tertarik dengan VW. Ketika Chris ulang tahun ke-17, ayahnya memberi kado mobil VW hitam seri 1303. Dia merombak tampilan VW “kodok” tersebut. Interiornya diubah dan eksteriornya dicat ulang.

Dari kecil, Chris memang ingin menjadi desainer mobil. Dia rela melepas kuliahnya di ITB untuk mengejar cita-citanya. Dia membidik Sekolah Tinggi Desain Fakultas Desain Industri jurusan desain transportasi di Pforzheim, Jerman.

Memasuki semester 6 di Pforzheim, Chris magang selama 6 bulan (1 semester) di pabrik Volkswagen (VW), di Wolfsburg. Ternyata VW puas dengan hasil kerja Chris. Alhasil, dia ditawari memperpanjang masa praktiknya satu semester lagi. Enggak cuma itu, manajemen VW juga menawari Chris bergabung. Sejak 1997, ia pun resmi menjadi karyawan VW.

Nah salah satu mobil yang dirancangnya yaitu VW Up! dengan konsep mobil perkotaan. Usai melalui seleksi yang sangat ketat akhirnya mobil kecil VW Up! ini terpilih menjadi 2012 World Carof The Year atau mobil terbaik pada tahun 2012 dengan mengungguli 2 nominator lain seperti BMW 3-series dan Porsche911. VW Up! dipasarkan dalam dua rancangan nih bro, ada dengan 3 dan 5 pintu. Tapi sayangnya mobil ini enggak bisa masuk ke negara kita karena terkendala oleh bahan bakar. Soalnya, mobil ini menggunakan bahan bakar ramah lingkungan standar Euro 5 yang memang belum ada di Indonesia.

VW Up! ini sudah memenuhi semua aspek yang diharapkan dari sebuah mobil perkotaan. Pengemudian mobil ini sangatlah responsif, mesinnya juga efisien, suspensi yang canggih dan kualitas material yang bagus.

Enggak cuma itu bro, Chris juga merancang mobil VW lainnya yang bernama VW New Beetle. Mobil itu juga kembali mendapat pujian dan sanjungan dari pihak Volkswagen. Pimpinan Volkswagen Group, Martin Winterkorn sendirilah yang memilih sketsa dari hasil karya Chris dari beberapa sketsa hasil rancangan yang lainnya. Ditambah, sketsa Chris dipakai hampir seluruhnya tanpa ada perubahan sama sekali loh bro.

Berbeda halnya dengan VW Up!, VW New Beetle ini dirancang khusus sebagai mobil untuk para kaum wanita.Chris saat ini harus tinggal di Jerman karena tuntutan pekerjaannya. Tapi, walaupun begitu dia tetap menjadi salah satu orang yang membuat Indonesia bangga karena telah memiliki putra bangsa seperti dirinya.

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...

Inspiring People

Gitaris Metallica, Pebisnis Pedal Gitar dan Kopi

15 November 2017 41 views share
Inspiring People

5 Fakta Unik Kazuo Ishiguro, Pemenang Nobel Literature 2017

18 October 2017 836 views share
Automotive

Harley Sportster XLCH Beach Racer

04 October 2017 1463 views share