LAzone
Inspiring People

Anak Buruh Cuci Ini Lulus Kuliah dengan Predikat Cumlaude

  • 09 November 2017
  • 3704 views

Dulunya sering diejek teman-teman

LAZONE.ID -

Bro inget, lo itu bisa mengusahakan masa depan lo yang sukses. Lo bebas bermimpi buat menjadi orang sukses di kemudian hari walaupun lo banyak menemukan keterbatasan.

Semangat itu persis banget ditunjukkan oleh Francis Sinaban, anak seorang buruh cuci yang dapat menyelesaikan pendidikannya sampai ke jenjang perguruan tinggi. Dan kerennya, dari kecil Sinaban udah bekerja keras banting tulang dan memeras keringat.

Nah, perjuangan hidupnya dimulai sejak tahun 2009. Doi saat itu terpaksa kehilangan ayahnya yang menderita stroke. Dari situ, hidupnya semakin terasa berat sehingga memaksanya untuk bekerja lebih keras.

Anak Buruh Cuci Ini Lulus Kuliah dengan Predikat Cumlaude

Yaudah, mencuci dan membersihkan botol menjadi kesibukannya sehari-hari waktu itu. Ia pun juga harus berhenti sekolah. Bayangin, doi harus mencuci 24 buah botol hanya untuk mendapatkan uang 2 peso.

Enggak cuma Sinaban, ibunya, Nida Sinaban juga bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Ibunya bekerja jadi butuh cuci dan mendapatkan uang 200-300 peso atau sekitar Rp 53.000-80.000 per hari. Nah dari penghasilan itu deh Nida sekolahin dan menyelesaikan pendidikan anaknya hingga SMA.

Sinaban sering diejek-ejek oleh teman sekelasnya karena doi lebih tua dari mereka. Tapi ejekan itu enggak mempengaruhinya, doi akhirnya bisa lulus dengan nilai terbaik dan dapat beasiswa di sebuah universitas swasta.

Saat ini, semua kerja keras Sinaban terbayar sudah. Doi mampu menyelesaikan studinya di salah satu universitas di Santiago City, Filipina.

Sosok Sinaban jadi bukti walaupun dirinya hanya dinafkahi oleh seorang buruh cuci, tapi dirinya mampu mengejar mimpi-mimpinya. Enggak cuma itu, Sinaban mampu membalas jerih payah ibunya lewat prestasi dan enggak cuma diem gitu aja.

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...