Andrew Setiawan, Sang Kreator ‘Iklan Berjalan’

LAZONE.ID - Pasti sebagian dari lo udah pernah liat kreasi bisnisnya di jalanan.

Ide bisnis emang gak akan pernah abis di tangan orang kreatif, terlebih ini adalah era digital. Banyak banget kegiatan yang kini didukung oleh platform digital dan online, seperti misalnya layanan antar penumpang dan barang maupun pesan makanan lewat ojek online.

Lalu tergagaslah ide buat bekerjasama dengan para pengemudi ojek online tadi untuk jadi papan iklan berjalan. Yap, mungkin lo udah pernah liat pengemudi ojek online yang ‘ditempeli’ iklan. Hal tersebut ternyata adalah bisnis yang dicetuskan oleh Andrew Tanner Setiawan, sosok di balik perusahaan teknologi Karta.

Andrew melihat peluang bisnis yang cukup besar dengan penggunaan ojek online yang udah sangat masif saat ini. Konsepnya cukup sederhana, Karta bakal menawarkan pengemudi ojek online untuk jadi papan iklan berjalan dengan imbalan pundi-pundi rupiah tambahan.


Ide ini sendiri berangkat dari bagaimana Andrew ingin ada space iklan luar ruangan yang bisa dibilang murah. Soalnya, space iklan luar ruangan seperti baliho, spanduk, atau neon box harganya terlalu mahal buat perusahaan startup seperti mereka. 

Selain itu, Andrew menilai bahwa space iklan fisik di luar ruangan memang masih sangat diperlukan meski kini era advertising udah mulai merambah ke platform digital.

Kerennya nih Bro, bisnis iklan berjalan yang memanfaatkan pengemudi seperti ini adalah yang pertama di dunia. Mungkin lo udah sering melihat kendaraan yang ditempeli iklan melintas di jalanan. Nah dengan Karta, Andrew bakal memasangkan alat khusus di jaket para pengemudinya untuk media iklan tersebut.


Berkat inovasinya ini, Andrew pun masuk daftar ‘Forbes 30 Under 30’ di mana isinya adalah daftar 30 pemuda berpengaruh di Asia.

Andrew optimis bahwa bisnis yang ia jalankan bakal bertahan lama. Dengan lebih dari 10.000 mitra pengemudi ojol yang udah bekerjasama, dirinya bersama Karta bakal berusaha terus menjaga reputasi brand yang mereka pasangkan iklannya.

Emang ya Bro, kalau udah ada kesempatan selalu ada jalan buat bisa mencapai apapun. Termasuk dalam hal berbisnis.