Andy /rif di Balik Layar, Seperti Apakah Penyanyi Ini Sesungguhnya?

LAZONE.ID - Lirik lagu dan perasaan sebagai sebuah moral.

Talkmen.com --- Lirik lagu dan perasaan sebagai sebuah moral.

Berbincang bersamanya, Tim begitu banyak cerita tentang sisi lain seorang rocker saat tidak berada di atas panggung.   He said, rock and roll is still asking people like me to live up to the old guard's concept of what success is but it doesn't mean anything.   Ditemui di Eclectic, satu resto and bar ternama yang terletak di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Jalan yang (tidak disangka) bebas kemacetan cukup membuat mood tim bersemangat, apa lagi jika Tim tahu akan bertemu dengan seorang rocker legendaris Indonesia yang telah bergelut di kancah rock and roll negeri ini selama belasan tahun. Restu Triandy, atau yang lebih akrab dengan sapaan Andy, frontman band rock /rif yang telah meramaikan industri musik di Indonesia selama hampir dua dekade.

Awalnya Tim merasa bingung saat ditanya pertanyaan apa saja yang ingin disampaikan kepada Andy /rif untuk mengisi profil Cool People kali ini. Tim berpikir, untuk kali ini Kita ingin semuanya mengalir begitu saja, penuh kegilaan dan imajinatif. Kita tidak ingin membatasi seorang rocker kakap sekelas Andy /rif merasa terbatasi dengan pertanyaan jurnalistik kaku yang itu-itu saja. Monoton, dan Tim tahu pasti seorang rocker haus dengan tantangan bahkan sentilan yang justru akan mengungkapkan sebuah kejujuran.

Tanpa perlu menunggu lama, "kang" Andy pun datang dengan setelan khasnya yang sangat /rif. Topi fedora rajut, kaus abu-abu sedikit ketat, dan buckle besi pada ikat pinggangnya cukup menunjukkan jati dirinya. Kelakuannya yang terbilang "nyeleneh" di atas panggung pun tak jauh berbeda saat ia sedang menjadi sosok Restu Triandy, bukan seorang vokalis band. Sambil menghisap sebatang rokok, Tim berusaha mencairkan suasana dengan menanyakan persiapan /rif yang akan tampil di perhelatan Java Rockin' Land 2013 beberapa waktu silam.

Sesi tanya jawab ini mengalir seperti bukan sebuah interview, lebih pada sebuah momen sharing pengalaman seseorang yang telah mengenyam pahit manis industri musik di Indonesia. 19 tahun Andy menggawangi /rif membuat band itu seolah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dirinya. Ia juga sama sekali tidak mempermasalahkan ketika orang saat ini lebih mengenalnya dengan sebutan Andy /rif dibanding nama aslinya.

Saat pertama kali menelurkan album tahun 1997 silam hingga kini, apa yang ia lihat, apa yang ia rasakan, dan apa yang dialami adalah hanya sebagian inspirasi saat ia menciptakan sebuah lagu. Bahkan saat membuat lagu Radja, lagu itu diakuinya sebagai sebuah lagu yang biasa saja, sementara saat membuat lagu lain /rif yang saat itu masih beranggotakan Andy, Iwan (bas), Adji (gitar), Denny (gitar), dan Maggi (drum) telah mencurahkan seluruh kemampuan skill bermusiknya untuk menciptakan karakteristik musik /rif yang khas.

Andy pun tak menyangka jika lagu Radja yang dibuat sekadar hanya untuk selingan dalam album perdana ternyata disukai oleh produser dan diterima baik oleh pecinta musik di Indonesia. Selama beberapa waktu, lagu itu sukses bertengger di jajaran teratas musik Tanah Air hingga membawa /rif berkibar di ranah rock and roll Nusantara. Saat saya bertanya mengenai prestasi, Andy pun hanya tertawa tergelak sembari menghitung jari-jarinya.

the-talk-andy-rif
Apa adanya memahami musik bisa jadi menjadi salah satu kunci kesuksesan Andy mengibarkan nama besar /rif di industri musik Indonesia.  

Ia pun kesulitan menjawabnya, karena menurutnya prestasi itu adalah saat ia bersama /rif telah berhasil menciptakan sesuatu yang disukai masyarakat, baik itu musik, performance, atau pesan dalam suatu lagu. Beberapa penghargaan seperti MTV Indonesia 2002 untuk kategori Best Performance in Video atau menjadi duta salah satu whisky terkenal sejak tahun 2010 hanyalah selentingan penghargaan yang berhasil diraih oleh /rif.

Obrolan semakin menajam pada sisi personal Andy secara pribadi, di mana band rock and roll pasti lekat dengan stigma pecandu minuman keras dan obat-obatan terlarang. Tanpa terlihat canggung, Andy pun dengan penuh kelakar mengakui jika memang benar adanya, ia bersama /rif pernah diterpa isu-isu tersebut dan mengakui sebagian ada yang benar, tapi ada juga yang dibuat-buat. Yang ia tahu hanyalah bagaimana caranya bertahan untuk terus bisa berkarya dan tidak terlibat drama internal layaknya band-band lain yang bubar hanya karena pengaruh obat-obatan terlarang. Komitmen dalam bermusik juga berarti komitmen pada diri sendiri, bebas dan liar bukan berarti harus meracuni diri dengan sesuatu yang alih-alih membuat seseorang menjadi kreatif malah mati sia-sia.

/rif yang merupakan akronim dari "rhythm in freedom" adalah darah dagingnya, bagian hidupnya. Bersama band itulah ia telah melalui berbagai pengalaman atraksi paling gila sampai membosankan sekalipun. Andy bersama /rif pernah menggemparkan kota Paris dengan tampil memukau di sebuah festival musik di bawah Menara Eiffel tahun 2006 silam. Dengan terbahak Andy menceritakan bagaimana ia bersama kawan-kawan tak peduli dengan masalah perbedaan bahasa, mereka tetap menyanyikan lagu-lagu berbahasa Indonesia dan ternyata mendapat sambutan yang meriah dari penonton di sana.

Pernah juga saat tampil dalam suatu acara, Andy tak segan-segan meminta ribuan penonton yang ada di depannya untuk melempari panggung dengan sampah yang ada di lapangan. Konsepnya bersama /rif, dalam suatu pertunjukkan, saat belum dimulai suatu tempat biasanya dalam keadaan bersih maka saat pertunjukkan usai diadakan maka tempat tersebut harus bersih seperti sedia kala. Hmm... sounds crazy.

Tim beberapa kali dibuat terpingkal dengan jawaban-jawaban konyol dari seorang Andy /rif. Jawaban yang menurut Tim memang jujur, apa adanya, tanpa embel-embel "jaga image" karena berhadapan dengan media.Waktu sudah semakin larut saat Tim akhirnya menyampaikan pertanyaan terakhir pada pria kelahiran Bandung, 12 Oktober 1968 ini, what is your definition of a real man?

Laki-laki itu adalah seseorang yang kuat, pemimpin, dan gagah. Atau... sebut saja musik rock, whiskey, dan motocross? Hahahaha..