Barista Juara Dunia, Kopi Bikin Rendah Hati

LAZONE.ID - Loe pasti punya momen-momen dimana kopi loe nikmatnya selangit. Entah karena kopinya, tempatnya atau pembuatnya.

Loe pasti punya momen-momen dimana kopi loe nikmatnya selangit. Entah karena kopinya, tempatnya atau pembuatnya. Nah, kebayang gak kayak apa rasanya menikmati kopi bikinan barista juara dunia? Loe mesti cobain racikan M. Choiruddin Syah alias Irul.

Cowok 25 tahun ini selalu menyambut setiap tamunya dengan penuh senyum. Dengan senang hati dia bakal meladeni obrolan soal kopi. Pengalamannya membuat kopi dengan rasa yang konsisten membuatnya menjuarai kejuaraan barista internasional, mengalahkan barista asal Italia.

Irul, berkenalan dengan kopi sebelum jatuh cinta pada kopi. Ia mulai mempelajari kopi ketika mendapat tantangan bosnya di Umabo untuk ikut dalam kompetisi barista internasional Vergnano, salah satu produsen kopi tersohor di Italia.

Pria asal Jepara, Jawa Tengah ini pun mulai antusias belajar soal kopi dengan Erie Santausa, pelatih barista dari PT Sukanda Djaya, selama enam bulan. Irul mempelajari cara tepat mengolah kopi beserta seluk-beluk kopi, termasuk soal sejarahnya. Mulailah ia jatuh cinta pada kopi. Hasilnya, Irul mampu mengalahkan peserta dari beberapa negara seperti Rusia, Italia, Polandia, dan Yunani. Kuncinya, konsistensi rasa.

“Belajar soal kopi membuat rendah hati. Namanya ilmu, enggak ada batasnya. Makin mendalami kopi, saya makin merasa bodoh dan ingin selalu belajar," aku barista yang sekarang meracik kopi di Kopi Boutique, Antasari, Jaksel ini. Di sela-sela bekerja sebagai barista, Irul terus belajar soal kopi dari mana saja. Entah dari tamunya, Erie, ataupun Internet.