Bear Grylls, Semangatnya Setangguh Beruang

LAZONE.ID - Gaya cowok Brit ini memang 'liar' banget. Saat jadi host TV Born Survivor, lari-larian di pegunungan Skotlandia yang bersalju, nyebur ke sumber lumpur panas, terus bikin api unggun dan teh hangat ala

Gaya cowok Brit ini memang 'liar' banget. Saat jadi host TV Born Survivor, lari-larian di pegunungan Skotlandia yang bersalju, nyebur ke sumber lumpur panas, terus bikin api unggun dan teh hangat ala survival, yang nggak lain bahannya adalah air sungai dan semacam lumut kering dari batang pohon.

Nama panjangnya Edward Michael Grylls, tapi lebih ngetop sebagai Bear Grylls. Lahir di Irlandia Utara 41 tahun lalu, sekarang Chief Scout alias Ketua Pramuka se-Britania Raya termuda saat dilantik, 35 tahun. Profesi lainnya, ya itu tadi host program TV tentang survival di Inggris, Amrik, penulis buku serta motivator untuk sekolah-sekolah sampai gereja.

Dari kecil cita-citanya adalah mendaki Everest. Selesai sekolah di Eton College, Grylls ikutan Indian Army untuk mencapai Himalaya dari Sikkim dan West Bengal. Pendidikan lanjut sampai kuliah, lalu dia bergabung dengan Territorial Army lewat seleksi yang dilakukan SAS Regiment.

Saat usia 22 tahun, ia megalami musibah jatuh bebas di Afrika karena parasutnya gagal mengembang. Akibatnya, tiga ruas tulang belakang patah dan dikhawatirkan nggak bisa berjalan normal kembali. Tapi dia nggak putus semangat. Cuma setahun sesudahnya ia berhasil mewujudkan cita-citanya memuncaki Everest, dan masuk daftar orang-orang termuda yang pernah sampai sana.

Karirnya di TV pun melejit. Apalagi dengan aksi gokilnya. Seperti mendayung telenji di Sungai Thames buat menggalang dana seorang teman yang kehilangan kaki saat pendakian, serta naik perahu karet menyeberang Laut Atlantik dari Kanada sampai Skotlandia, dalam kondisi badai berkekuatan 8 Gale Force. Edan kan..

"Percaya Tuhan serta menjadi Pramuka, menjadi tulang punggung kegiatanku serta menjagaku selalu rendah hati setiap hari," kata cowok yang doyan menyepi di rumah kapal apungnya di Sungai Thames.