Boneka Jogja Eksis Di Amrik

LAZONE.ID - Seniman Indonesia membuktikan diri punya kreativitas dan kompetensi kelas dunia bro. Seperti seniman teater boneka asal Yogyakarta ini, patut dapat acungan jempol.

Seniman Indonesia membuktikan diri punya kreativitas dan kompetensi kelas dunia bro. Seperti seniman teater boneka asal Yogyakarta ini, patut dapat acungan jempol. Maria Tri Sulistyani yang akrab disapa Ria dan suaminya Iwan Effendi, pendiri Papermoon Puppet asal Yogyakarta, menjadi dosen tamu di Fakultas Humaniora Universitas New Hampshire (UNH), Amerika.

Mereka mengajarkan kelas pembuatan topeng, teater boneka dan pertunjukan. Ria dan Iwan terpilih setelah menyisihkan sejumlah seniman lain dari seluruh dunia. Kehadiran mereka adalah bagian dari program pertukaran budaya, Cultural Stages yang untuk pertama kalinya melibatkan seniman Indonesia.

“Tujuan utama program ini memperkenalkan mahasiswa pada budaya yang kemungkinan belum mereka ketahui. Tidak hanya tentang sejarah dan budaya Indonesia, tapi juga tentang gaya teatrikal mereka yang unik, cara mereka bekerja dengan boneka dan topeng,” ujar David Kaye, ketua Departemen Teater dan Tari UNH.
Ria, yang menjabat sebagai Direktur Artistik Papermoon, selain mengajar kelas teater boneka seminggu sekali, juga memproduksi pertunjukan yang melibatkan mahasiswanya.