Brie Larson, Aktris yang Menang Oscar Lewat Peran Jadi Korban Pencabulan

LAZONE.ID - Bekerja keras sejak kecil bikin Brie Larson raih Oscar

Brie Larson saat ini sedang menjadi sorotan. Bukan hanya karena aktingnya, tapi aktris kelahiran Amerika Serikat itu baru saja memenangkan piala Oscar pertamanya. Congrats, ya!

Brie sebenarnya bukan orang baru di dunia akting. Kemunculannya di dunia hiburan sudah dimulai sejak umurnya masih sembilan tahun. Kontrak pertamanya dijalani sebagai aktor tamu di acara Tonight Show with Jay Leno pada 1998 silam.

Sejak kemunculannya tersebut, Brie pun mulai mendapatkan banyak tawaran untuk membintangi sejumlah acara TV hingga film layar lebar. Di antaranya adalah drama romantis '13 Going on 30' dan 'Sleepover' yang ditayangkan pada 2004 lalu.

Penampilannya di film komedi 'Hoot' (2006) bahkan mendapatkan banyak pujian dari kritikus karena aktingnya. Akting pemilik nama asli Brianne Desaulniers tersebut pun semakin menanjak dari tahun ke tahun, hingga pada akhirnya aktingnya di film 'Room' (2015) mendapatkan sorotan, bahkan dijagokan dalam sejumlah ajang penghargaan bergengsi seperti Oscar.

Pada film tersebut, Brie berperan sebagai Ma, wanita muda yang dikurung dalam sebuah ruangan selama tujuh tahun setelah dicabuli oleh seorang pria. Pada akhirnya, ia melahirkan seorang anak laki-laki bernama Jack (Jacob Tremblay) yang sama sekali tak pernah melihat dunia luar.

"Banyak yang terjadi saat aku menjalani syuting di dalam ruangan itu. Banyak ingatan yang kemudian kembali muncul seperti kejadian-kejadian di masa kecil yang sudah kulupakan," ungkap Brie dalam sebuah wawancara belum lama ini.

Sebelum berkarier di dunia akting, Brie bersama adik dan ibunya pindah dari Sacramento ke Los Angeles setelah kedua orangtuanya bercerai. Dalam keadaan finansial yang kurang baik, ketiganya pun tinggal di sebuah studio apartemen kosong yang sangat kecil.

"Saat itu aku cuma punya sepasang celana jeans dan sejumlah kaos, sepasang sepatu dan kami makan ramen setiap malam. Tapi ibuku punya imajinasi yang sangat luar biasa. Ia terus memberi kami semangat tentang hidup yang pada akhirnya membuatku dan adikku lupa kalau kami tak punya apa-apa," sambungnya.
 
 
 
Sebelum menjalani syuting, Brie pun banyak melakukan penelitian mengenai karakter Ma. Tak tanggung-tanggung, aktris yang kini berusia 27 tahun itu pun menemui spesialis trauma untuk semakin mendalami karakter.
 
"Aku menemui sejumlah spesialis trauma untuk bicara soal pelecehan seksual dan apa yang akan terjadi di pikiranmu ketika kau terjebak dalam ruangan kecil seperti itu selama tujuh tahun. Lalu aku ngobrol dengan nutritionist tentang kurangnya vitamin D dalam tubuh. Tentang bagaimana jika seseorang tak punya sikat gigi, tak bisa mencuci rambut atau wajah. Tentang kurangnya nutrisi," ujar Brie.
 
Mengenai nominasi yang didapatkannya di Oscar, Brie hingga kini masih tak percaya.

 
"Dinominasikan di Oscar rasanya tak pernah kubayangkan. Bahkan bicara soal nominasiku saja sudah seperti merancang sebuah pernikahan impian ketika kau tak punya pacar," pungkasnya.

Atas aktingnya di film 'Room', Brie pun berhasil membawa pulang piala Oscar pertamanya atas kategori Aktris Terbaik. Sang aktris berhasil mengalahkan empat saingan yang tak kalah hebat, Cate Blanchett (Carol), Jennifer Lawrence (Joy), Charlotte Rampling (45 Years) dan Saoirse Ronan (Brooklyn).

====