Inspiring People

Cara Bill Gates Jika Hidup Hanya dengan Uang Rp 26 Ribu/hari

  • 15 June 2017
  • 14012 views

Bill Gates memang punya taktik bisnis yang cerdas.

LAZONE.ID -

Siapa sih yang enggak tau Bill Gates? yap, dia adalah Co-founder dari Microsoft dan juga salah satu orang terkaya di dunia. Enggak cuma itu, dia juga sering disebut sebagai orang yang mempunyai taktik bisnis yang cerdas.

Gates juga disebut sebagai orang yang mempunyai rasa sosial tinggi sehingga dia dianggap sebagai triliuner pertama yang mau berbagi ke sesama yang membutuhkan di seluruh dunia.

Walaupun hidup Gates sudah sukses sekali dan mempunyai uang yang amat banyak, ia terkadang memikirkan jika saja ia hidup dengan hanya berbekal uang USD 2 per hari, atau setara dengan Rp 26 ribu per hari.

Apa yang Gates lakukan jika hanya mendapatkan uang Rp 26 ribu dalam sehari? jawabannya pasti bakal buat lo sedikit heran.

Jika hanya mendapatkan uang Rp 26 ribu sehari, Gates akan lebih memanfaatkan uang itu untuk memelihara ayam. Karena, berdasarkan pengalamannya saat mengelilingi dunia, dia banyak melihat orang miskin dan diantaranya banyak yang memelihara ayam. Dari situ ia mulai melihat manfaat serta peluang bisnis dari memelihara ayam itu.

Yang ada di otak pria jenius itu, ayam adalah hewan yang dapat dikatakan tidak mahal, dan tidak juga sulit dicari. Enggak cuma itu, ayam merupakan salah satu bahan makanan yang umum dimakan dan dijual. Nah, lewat penjualan ayam tersebut, peluang bisnis pun terbuka. 

Gates ternyata pernah melakukan penelitian dengan mengunjungi Afrika Barat. Di sana dia bertemu dengan penduduk lokal yang memiliki 8 hingga 10 ekor ayam. Yang buat ia terkesan ialah dalam jangka waktu 3 bulan saja, ayam-ayam itu bisa menghasilkan 40 ekor anak ayam.

Dengan memberi harga USD 5 atau Rp 65 ribu per ekor, para penduduk lokal tersebut bisa mendapatkan untung sebesar USD 1000 dalam setahun atau Rp 13 juta.

Alasan memelihara ayam menjadi hal yang paling masuk akal dan mudah diaplikasikan oleh Gates. Nah, karena itu banyak orang yang menilai jika pemikiran-pemikiran dari Gates dapat mengubah dunia ke arah yang lebih baik.

tags : Bill Gates

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...