Cara Jitu CEO Top Dunia Balas Komplain Pelanggan

LAZONE.ID - Walau CEO, mereka tetap bertanggung jawab.

Biasanya kalo lo tidak puas terhadap suatu produk yang dibeli, lo pasti langsung komplain ke layanan pelanggan produk itu. Tapi ada juga yang masih belum puas dengan jawabannya sehingga melanjutkan keluhannya langsung ke CEO perusahaan produk yang lo beli, dan mendapatkan respon langsung. 

Nah ini ada beberapa pengalaman para pelanggan yang mengirimkan email langsung ke para CEO top dunia nih. Tapi gimana yah cara CEO top dunia itu menanggapi keluhan pelanggannya? liat aja di bawah ini. 

 

Akio Toyoda, CEO Toyota

Seorang pelanggan bernama Webin Manzana mempunyai mobil Toyota Camry 2008 dengan garansi yang sudah lama berlalu. Tapi saat dasbor mobilnya mulai bermasalah karena sering terkena sinar matahari Filipina, ia mengirim email langsung ke CEO Toyota, Akio Toyoda. Hasilnya, keesokan harinya ia mendapatkan telepon dari Toyota Motors Filipina, dan dasbor mobil Camry-nya diganti.

 

Jan Koum, CEO WhatsApp

Ninan Mochanie menulis keluhan langsung kepada CEO Whatsapp Jan Koum yang mempertanyakan kenapa perusahaan tersebut enggak punya emoji domba di aplikasinya. Mendengar komplain itu Koum terkejut dan baru mengetahui jika aplikasi buatannya itu tidak memiliki emoji domba. Namun ia mengoreksi bahwa emoji tersebut sudah ada di aplikasi.

 

Michael Dell, CEO dan pendiri Dell

Mahasiswi bernama Tami Tritz membeli komputer Dell secara online tetapi tidak datang-datang. Ia menghubungi layanan pelanggan Dell, namun mengalami masalah. Ia akhirnya mengirimkan email agak singkat dengan nada yang enggak menyenangkan kepada Michael Dell. Enggak pakai lama, ia ditelepon langsung oleh tim eksekutif yang mengurus pengambilan dana dengan cepat. 

 

Mark Fields, CEO Ford

Rem mobil yang dibeli Nahus Kulkarni tidak berfungsi di hari pertama ia mencobanya. Ia akhirnya mengembalikan mobil itu ke dealer. Ia menolak membawa mobil itu walaupun sudah diperbaiki dan mengirim email kepada CEO Ford, Mark Fields. Enggak lama dari itu ia mendapatkan telepon dari Ford. Dealer mengambil mobilnya kembali dan digantikan dengan yang baru. 

 

Mickey Drexler, CEO J. Crew

Mike Beaulie mendapatkan kupon J. Crew dan langsung berbelanja. Tapi ternyata kupon itu enggak diterima, bahkan ia dituduh membuat kupon palsu. Jelas Beaulie enggak terima difitnah kaya gitu. Ia akhirnya mengirim email ke CEO perusahaan itu, Mickey Drexler. Jelang 15 menit, Drexler membalas email Beaulie dengan kalimat berikut.

"Kesalahan dari pihak kami! Tidak ada alasan. Saya minta maaf! Kami akan menghubungi".