Cara Klasik Keliling India, Naik Bajaj

LAZONE.ID - Ada banyak cara buat menikmati keindahan suatu tempat dengan mengesankan. Rich Grundy dan gang-nya, dua teman cowok, milih ikutan Rickshaw Run.

Ada banyak cara buat menikmati keindahan suatu tempat dengan mengesankan. Rich Grundy dan gang-nya, dua teman cowok, milih ikutan Rickshaw Run. Sebuah balapan travelling naik bajaj selama dua minggu menyusuri Cochin sampai Jaisalmer di India. Balapan ini melibatkan 90 team, masing-masing isinya tiga orang.

Grundy and the gang nggak mau sekadar ikutan. Mereka bikin ide gokil, bahwa dandanan bajaj mereka kudu beda dari team lain alias mesti keren abis. Jadi, mereka ngirim desain yang idenya didapat dari pesawat tempur Perang Dunia Dua asal Inggris, Spitfire, kepada seniman bajaj lokal India. Dan minta dibuatin lengkap, termasuk bagian sayap serta baling-baling di moncong. Setelah jadi, mereka bertiga bertanding pakai Biggles komplet dengan baju khas pilot.

Karena balapannya sendiri juga cukup lucu, asal start dan finish di tempat sama, tapi boleh ngapain dan kemana aja sesuka hati. Grundy and the gang berasa bebas. Mayoritas bajaj dibejek pagi, biar nggak kejebak macet dan bisa puas-puas ngeliat matahari terbit.

"Sampai Imgur, kita butuh piringan clutch baru, kabel power baru, oli mesin sampai yah, segala perintilan mesin," cerita Grundy sambil ngaku kalo kerusakan ini jadi ngerusak sehari perjalanan. Tapi mereka bertiga seneng, apalagi bawa tongsis yang memungkinkan mereka selfie di mana aja. Termasuk setiap masuk desa serta ketemu warga yang nggak nyangka ada tiga turis masuk wilayah mereka, naik bajaj.

"Oh iya, cara kita ngatasi kondisi mesin, kalo udah ada gejala overheating kita akan berhenti dekat-dekat warung. Ngademin mesin sambil nyantai minum teh chai."