Chef Haryo, Memasak, Custom Motor, dan Jiwa Kebangsaan Melalui Makanan

LAZONE.ID - Dunia masak dan dunia motor ternyata gak jauh Bro. Tuh buktinya ngumpul di satu orang, Chef Haryo Pamoe.

Kecintaannya pada kuliner dan dunia masak, bahkan tercatat di motor custom tunggangannya, Yamaha Chopper XS-650. Di atas tunggangannya, pada bagian tangki tertulis Lada Hitam dan Cooking Rockers.

Ya, Cooking Rockers adalah salah satu acara kuliner yang digarapnya di sebuah stasiun TV. Ya, tampang dan gayanya yang ngerock abis sesuai kesukaannya dengan musik beraliran rock. Dunia masak menjadi bagian dari hidupnya. “Masak itu butuh seni. Seni rasa, dan seni penyajian. Sedangkan motor, apalagi cutom, perlu art banget untuk menjadikannya tampil seperti jiwa pemiliknya. Sama kan,” ujarnya.

Ngobrol bareng pria kelahiran 8 Maret 1975 ini bukan hanya pengetahuan motor dan masak yang menjadi bahasan. Soal nasionalisme, cucu mantan menteri perekonomian era Soekarno, Sumanang SH, ini juga punya semangat nasional tinggi. “Memasak adalah fondasi kemandirian suatu bangsa. Bangsa yang mandiri adalah bangsa yang warga negaranya bisa memasak. Orang yang mandiri, pasti bisa masak,” tegasnya. Tuh kan hubungan sama masak lagi.

Sebab menurutnya kekayaan sumber daya alam, kuliner, seni dan budayanya Indonesia patut kita berdayakan semaksimal mungkin. Chef Haryo pun tergerak membawa nama bangsa melalui masakan. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang dikenal karena masakannya,” paparnya sambil mencontohkan Amerika dikenal fast food-nya, Italia dengan pasta, dan Jepang dengan sushi-nya.

“Indonesia punya rendang, sayur lodeh, sate dan berbagai masakan hebat lain yang tak kalah lezat,” ujarnya. Komplet dan layak menjadi rajanya kuliner dunia Bro.