Daniel Mananta: Bisnis Clothing Nggak Butuh Modal Gede

LAZONE.ID - Tertarik berbisnis busana tapi merasa tak punya cukup modal? Jangan khawatir. Berbisnis tidak hanya modal uang saja kok, kreatifitas dan unique selling juga bisa mendukung kemajuan bisnis fashion loe.

Tertarik berbisnis busana tapi merasa tak punya cukup modal? Jangan khawatir. Berbisnis tidak hanya modal uang saja kok, kreatifitas dan unique selling juga bisa mendukung kemajuan bisnis fashion loe.

Salah satunya, dicontohkan Daniel Mananta, artis yang akrab disapa VJ Daniel, yang punya produk clothing dengan brand Damn! I Love Indonesia. Walaupun baru buka beberapa lama, kini Daniel sudah memiliki 5 gerai.
"Modal awal untuk berbisnis nggak sampai ratusan juta rupiah. Malahan kurang dari Rp 80 jutaan," aku Daniel yang memulai usahanya 28 Oktober 2008.

Daniel sedikit memberikan tiknya, untuk sukses enterpreuner di bidang fashion harus mengetahui tujuan bisnisnya dulu. "Semata-mata mencari keuntungan atau sekaligus memberikan efek positif atau hanya ikut-ikutan," ujar Daniel. Ia mencontohkan, pembukaan gerai Damn! I Love Indonesia memang tidak sekadar menjual baju, tetapi juga kebanggaan menjadi orang Indonesia.

Setelah menetapkan tujuan bisnis, lakukan unique selling point. Yaitu dengan mencari tahu respons masyarakat terhadap produk yang dijual. Tantangannya adalah, mesti memberikan edukasi pada masyarakat mengenai produk yang dijual. "Mengedukasi market sesuai dengan konsep bisnis yang dibuat," papar Daniel.

Setelah mengedukasi masyarakat, kenali tantangannya. Dengan mengetahui tantangannya dan menyesuaikan kemampuan kita, kita akan sadar di mana celah kelemahan yang ada. "Celah kelemahan ini harus diisi. Maka rekan bisnislah yang akan menjadi pribadi yang dapat melengkapi celah kekurangan kita," wanti Daniel.