Dari Hobi Jadi Bisa Bangun Game Lokal Interaktif

LAZONE.ID - Pasar dunia game ini terus berkembang.

Sekarang, main game bukan sekedar hobi Bro. Di balik itu ada potensi ekonomi yang lumayan menggiurkan. Pada 2018 lalu aja secara global pasar game mencapai $137,9 miliar dan separuhnya berasal dari game mobile. Gak heran kalau industri game jadi bagian dari industri kreatif yang punya potensi besar.

Karena itu, Banu Andaru Adhimuka ini melirik kesempatan tersebut dengan mendirikan Ikaan Studio. Di studio ini Banu menjadi developer game-game buatan lokal, Bro.

Gak cuma bergerak di bidang pengembangan game, Ikaan Studio juga merupakan studio yang bergerak di bidang interaktif media, dan projek seni seperti animasi karakter, game tiles, background art, user interface art.

Bahkan pada awal pembentukannya, mereka langsung dapet order dari publisher asal Hongkong, YeTI, untuk mengerjakan 30 game dengan nilai kontrak Rp2 Miliar! Kontrak ini terjalin berkat pengalaman Banu dengan berbagai platform seperti web/flash, Playbook Blackberry, iOS, hingga Windows Phone.

Meskipun Banu ngaku bahwa hampir gak ada modal yang dia keluarkan, tapi peralatan dan program yang mereka pake lumayan mahal. Karena itu pria asal Bandung ini sempat menjajal sebagai desain grafik dan ilustrator di beberapa studio.

Sebagai studio developer, Banu juga pengen punya produk game dengan muatan lokal. Lahirlah game Citampi. “Turut menyajikan suguhan game lokal dengan citrarasa budaya Indonesia menjadi daya tarik sendiri dan juga lebih mudah untuk meraih pasar lokal. Apalagi belum banyak pemain lokal yang menggarap pasar ini,” ungkap Banu.

Menariknya, meski Ikaan Studio utamanya adalah sebuah studio pengembang game, pendapatan yang mereka raup setiap bulannya ternyata datang dari berbagai bedang. Ikaan Studio juga seperti yang disebutkan sebelumnya menerima proyek pembuatan platform dan ilustrasi dengan harga bervariasi mulai dari puluhan juta sampai miliaran! Menurutnya, itu memberi keuntungan sekitar Rp80 juta - Rp150 juta setiap bulannya.

Bisa ditiru nih Bro buat lo yang punya passion di bidang game dan desain juga pengen punya studio sendiri buat pengembangan.