Inspiring People

Drop Out Kuliah, Michael Dell Jadi Miliuner

  • 26 May 2017
  • 945 views

Pendiri Dell ini berani ambil resiko untuk mengubah hidupnya.

LAZONE.ID -

Enggak semua mahasiswa mengambil jurusan kuliah sesuai dengan keinginannya, seperti Michael Dell yang memilih drop out dari jurusan kedokteran dan menjadi pebisnis sukses di dunia di bidang komputer.

Michael Dell adalah founder dari perusahaan komputer yang berbasis di kota Texas, Amerika Serikat yakni Dell Inc. Yap, dia yang menciptakan komputer Dell. Michael Dell ini ternyata tidak mempunyai gelar sarjana, dan pendidikan terakhirnya adalah drop out dari Universitas Texas, jurusan kedokteran.

Tapi walaupun seperti itu, dia tidak malu dan terus bangkit untuk mengejar impiannya untuk membuat komputer buatan sendiri. Dari kecil, Michael memang sudah tertarik dengan komputer, bahkan pada SMP dia sudah bisa memprogram kalkulator sendiri.

Di umur 15 tahun, Michael mendapatkan komputer dari ayahnya, Apple II yang merupakan keluaran dari perusahaan Apple. Tapi, komputer tersebut tidak digunakan secara normalnya oleh Michael. Dia malah membongkar komputer itu karena penasaran ingin mengetahui bagaimana cara kerja komputer itu.

Pada waktu SMA, Michael bekerja sebagai loker koran untuk menutupi kebutuhannya. Tapi, ia juga ingin berkembang, engak mau stuck dihidupnya seperti itu aja. Michael percaya bahwa ia memiliki bakat di bidang komputer. Dengan tekadnya yang besar, Michael menyisihkan uang dari hasil penjualan koran tersebut. Ia pun tidak malu menjadi loker koran walaupun sering dicela oleh teman-temannya.

Dolar demi dolar ia kumpulkan sampai terkumpul sebanyak 18 ribu dolar selama setahun. Uang tersebut tidak dia gunakan untuk bersenang-senang dalam hidupnya, melainan uang itu dijadikan modal untuk memodifikasi dan belajar banyak tentang komputer.

Michael ingin memiliki skill lebih dalam bidang komputer. Ia ingin masuk ke universitas dengan jurusan komputer, tapi orangtuanya tidak setuju. Michael terpaksa masuk ke jurusan kedokteran di Universitas Texas untuk menyenangkan orang tuanya. Tapi, di sana Michael bukan belajar kedokteran, dia malah mengutak-atik komputer di kamar asrama, membeli spare part dengan uang jajannya sendiri, upgrade dan menjualnya kembali.

Michael akhirnya menjadikan hobinya itu menjadi bisnis yang menguntungkan, bayangkan hanya 1 bulan Michael bisa dapat uang 180ribu dolar. Karena mendapatkan order yang cukup banyak, kamar asrama Michael sampai penuh dengan peralatan komputer.

Michael akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliah. Padahal saat itu Michael masih memasuki semester pertama. Dia sempat berdebat dengan orangtuanya, dan akhirnya mereka luluh.

Di usia 19 tahun, Michael sudah memulai bekerja di bidangnya secara full time. Awalnya perusahaannya dinamakan PC’s Limited. Karena tidak mempunyai modal yang cukup untuk menyewa kantor, Michael mensiasati dengan cara order komputer via telepon dan online. Pada tahun pertama, Michael menjual setidaknya sampai 6 juta dolar dan terkumpul modal untuk membuat usaha yang lebih besar.

Kemudian Michael merubah nama perusahaannya PC’s Limited menjadi Dell Computer Corp pada tahun 1987, dan pada tahun 1988 Dell Computer mendapatkan penjualan 159 juta dolar. Saat ini, Dell Computer termasuk 3 vendor komputer terbesar diseluruh dunia. Kini, Michael Dell telah memiliki harta sebanyak 21,8 Milliar Dollar atau sekitar 220 Trilliun Rupiah.

Kisah ini sama saja mengajarkan lo bahwa lelaki itu harus pantang menyerah dan siap menerima resiko apa saja.

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...