Elisabeth Ida, Berkibar Di Eropa Lewat Seni

LAZONE.ID - Seniman Indonesia banyak yang dikenal dan diakui di luar negeri Bro. Salah satunya, cewek muda asal Yogyakarta ini!

Seniman Indonesia banyak yang dikenal dan diakui di luar negeri Bro. Salah satunya, cewek muda asal Yogyakarta ini, Elisabeth Ida yang kini tinggal di Belgia dan berkibar di berbagai pameran dan festival di Eropa.

Uniknya, dia punya latar belakang yang bagi kebanyakan orang enggak berkaitan dengan seni, bro. Elisabet Ida sempat kuliah di jurusan Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada, yang kemudian ditinggalkannya untuk mempelajari seni di Belgia. Ia lulus tahun 2010 sebagai Master of Arts Visual di Fotografi Royal Academy of Fine Arts, sekolah Seni dari Ghent University, Belgia.

Setelah menyelesaikan program pascasarjana pada 2014, Elisabeth Ida mengkhususkan diri dalam pameran dan konservasi manajemen seni kontemporer. Dalam fotografinya, ia mengembangkan gaya dokumenter dengan pendekatan antropologis.

Ini membuat subjek budaya dan identitas menjadi hal yang sangat penting dalam karya-karyanya yang sering melakukan pameran dengan kedutaan di Belgia. Sebagian dari penjualan karyanya disumbangkan untuk mendukung kemanusiaan dan proyek-proyek sosial.

Selain sebagai seniman independen, Elisabeth juga menjadi penghubung khusus untuk kelompok antar-budaya, hak asasi manusia dan lingkungan.Awal Desember ini ia berpartisipasi dalam ‘Rekoleksi Memori’, event yang diselenggarakan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Jakarta Arts Council dan Partisipasi Indonesia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.