Ellen Pao, Perempuan Paling Dibenci Di Internet?

LAZONE.ID - Lepaskan jabatan CEO demi perangi bully dan memperjuangakn kesetaraan gender di Silicon Valley yang didominasi Kaum Adam.

Lepaskan jabatan CEO demi perangi bully dan memperjuangakn kesetaraan gender di Silicon Valley yang didominasi Kaum Adam.

Nama cewek yang ngetop banget di dunia teknologi sampai saat ini terhitung masih sedikit. Contohnya Sheryl Sandberg di Facebook, Marissa Mayer di Yahoo, Meg Whitman di Hewlett-Packard, Virginia Rometty buat IBM dan satu lagi, Ellen Pao di Reddit. Sayangnya, sekarang Ellen sudah hengkang. Dia dibenci karena memperjuangkan kesetaraan gender antarpegawai. Khususnya di Silicon Valley yang dominan cowok.

Usahanya membawa perusahaan Kleiner Perkins Caufield & Byers ke ranah hukum dengan tuduhan diskriminasi pegawai berdasar jenis kelamin nggak membuahkan hasil. Tapi dia nggak nyerah. Ia membolehkan semua orang berbagi cerita tentang dunia kerjanya yang nggak adil.

"Karena cowok dan cewek di seluruh dunia ngobrolin soal gender dan diskriminasi," katanya. "Apa yang ada dipotret dan ditulis online, jadi berkasnya bakal ada di dunia maya sampai kapan pun. Hal ini berarti banyak buat saya dan teman-teman yang mengalami hal serupa. Kita mesti bersuara!"

Ellen nggak main-main soal kesetaraan. Lahir dari keluarga keturunan Taiwan yang berimigrasi ke Amrik, kedua ortunya punya latar belakang akademis pascasarjana. Dia sendiri kuliah di bidang teknologi dan hukum, lantas berkarier di bidang teknologi. Menikah dengan Buddy Fletcher, keturunan Afro-Amrik yang berjaya di bidang properti dan finansial. .

Saat Ellen memperkarakan diskriminasi dunia kerja yang dia alami, Buddy juga memperkarakan satu apartemen mereka, yang dihuni beberapa seleb Amrik. Gara-garanya, perlakuan diskriminasi.

Bahwa sesudahnya Ellen menuai banyak kritik sampai bully, ia bertahan. Beberapa mantan rekan kerjanya ngoceh, menyebut dia seperti mesin dan gak rasional saat menutup beberapa forum Reddit yang paling ramai. Tapi Ellen juga punya alasan, "Karena forum ini membolehkan orang mencela serta membully pihak lain", yang baginya nggak manusiawi. Hasil akhirnya adalah petisi pengumpul tanda tangan minta dia turun jabatan dari CEO Reddit.

Ellen memang hengkang, tapi terus bergerak, “Jutaan cowok dan cewek ngedukung kesetaraan. Bagi yang cuma bisa nyalahin, sebenarnya mereka nggak sadar sudah ikutan menciptakan sistem kerja yang fail."