Fakta Evani Jesslyn, Barista Cantik yang Sajikan Kopi ke Presiden Jokowi

LAZONE.ID - Dulunya enggak suka kopi

Inget enggak sama momen saat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengundang para pelaku industri kopi ke Istana Bogor pada saat Hari Kopi Internasional, 1 Oktober 2017 lalu?

Nah, saat itu ada pemandangan yang menarik dan menyita perhatian publik. Karena apa? yoi, ada salah satu barista cantik yang menyajikan kopi untuk Presiden.

Fakta Evani Jesslyn, Barista Cantik yang Sajikan Kopi ke Presiden Jokowi

Barista cantik tersebut bernama Evani Jesslyn. Awalnya, gadis kelahiran 18 Agustus 1990 ini benci banget sama kopi karena rasanya pahit. Tapi bro, rasa benci itu lama kelamaan berubah jadi cinta usai dia mencicipi kopi yang rasanya enak dari Indonesia.

Yaudah deh akhirnya wanita lulusan University of California, Berkeley ini jadi menekuni bisnis kopi dengan membuka kafe Strada Coffee di Semarang. Selain itu, ada juga fakta menarik tentang Evani seperti di bawah ini.

 

Keluar dari perusahaan di AS demi kopi

Jatuh cintanya sama kopi membuatnya rela keluar dari perusahaan audit di AS dan kembali ke Indonesia untuk menekuni bisnis kopi.

 

Enggak cuma bisnis kopi

Evani juga memegang sertifikat barista dari Specialty Coffee Association of America (SCAA) dan Speciality Coffee Association of Europe.

 

Sempat ke ajang pertunjukan bakat internasional Barista & Farmer

Kemampuannya dalam meracik kopi sempat membawa Evani ke ajang pertunjukan bakat internasional Barista & Farmer di Brasil pada tahun 2016 lalu. Doi jadi peserta satu-satunya dari Asia dan berhasil masuk 10 besar, menyisihkan sekitar 300 pesaing dari berbagai negara.

 

Sejak 2012 buka kedai kopi

Evani sejak 2012 membuka kedai kopi, Strada Coffee di Semarang. Enggak cuma itu, dia juga pernah sekolah barista di Singapura.

 

Evani enggak cuma jago meracik kopi

Selain jago meracik kopi, Evani juga mempelajari kopi secara keseluruhan mulai dari proses penanaman sampai panen. Dia belajar langsung ke petani di Sumatera.

 

Evani belajar roasting di luar negeri

Selain sekolah barista, Evani juga belajar roasting dengan mengambil Roasting Class di San Francisco. Setelah selesai kelas roasting, Evani sertifikasi Q-Grader dari SCAA di Amerika.

 

Gadis pekerja keras

Bisa dibilang, Evani merupakan gadis pekerja keras. Dia pernah bekerja dari jam 9 pagi hingga jam 2 dini hari saat masih di Amerika Serikat.

Gimana? Liat fakta di atas, jadi ikutan suka kopi gak bro?