Fakta-fakta Kisah Cinta Bung Hatta yang Enggak Lo Ketahui

LAZONE.ID - Pernah dijodohkan

Tau dong siapa H. Mohammad Hatta atau Bung Hatta? Yoi, dia merupakan pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden Indonesia pertama. Tapi bro, terlepas dari hal itu, usai Indonesia merdeka, Bung Hatta baru menikah nih sama seorang perempuan bernama Rachmi.

hatta

Bung Hatta nikah di sebuah villa di Megamendung, Bogor, 18 November 1945. Dari pernikahannya, Bung Hatta dikaruniai tiga orang anak. Nah, lo penasaran enggak sama kisah cinta Bung Hatta sampai dia bisa nikah dengan Rachmi? simak ya ulasannya di bawah ini.

 

Berjanji tak menikah sebelum Indonesia Merdeka

Nah, inilah alasan Bung Hatta menikahnya abis Indonesia merdeka. Alasannya karena Bung Hatta enggak tega meninggalkan perjuangan sejenak pun hanya untuk merdeka, soalnya waktu itu bangsa kita masih prihatin banget. Yaudah, doi janji deh enggak akan menikah sebelum Indonesia merdeka.

 

Bung Karno melamar Yuke untuk Bung Hatta

Rachmi, istri Bung Hatta dikenal dengan nama Yuke. Soekarno, yang waktu itu menjabat Presiden sekaligus teman Bung Hatta dateng nih ke rumah orangtua Yuke. Ditemani R. Soeharto, Bung Karno datang untuk melamar Yuke untuk Bung Hatta. Abdul Rachim, ayah dari Yuke pun menyetujui lamaran itu setelah berbicara langsung dengan Yuke.

 

Usia mereka beda 24 tahun

Cinta emang enggak kenal usia ya enggak. Bung Hatta menikah saat berusia 43 tahun, sementara Rachmi saat itu masih berusia 19 tahun. Sehingga usia mereka selisih 24 tahun. Tapi walaupun kaya gitu kisah cinta mereka enggak pernah menemui kendala sampai keduanya dipisahkan oleh maut.

 

Mas kawin berupa buku berjudul Alam Pikir Yunani

Saat nikah, Bung Hatta memberikan Rachmi mas kawin yang luar biasa, yakni buku hasil karyanya sendiri. Buku tersebut berjudul Alam Pikiran Yunani. Buku itu sendiri ditulis pada saat masa-masa terberat Bung Hatta, dan dia ingin menghadiahkan pada wanita yang kelak akan menjadi sahabat hidupnya sampai akhir hayatnya.

 

Dijodohkan dengan perempuan lain

Sebenarnya Bung Hatta pernah dijodohkan sama Nelly, putri dari Mak Eteb Ayub, pengusaha Minang yang sudah seperti ayah angkat bagi Bung Hatta. Kedekatannya dapat dibilang sangat istimewa. Ayub mendukung kehidupan Bung Hatta saat bersekolah di Batavia sampai Rotterdam, Belanda. Namun perjodohan itu gagal karena Bung Hatta bersikukuh enggak mau menikah sebelum Indonesia merdeka.