Faza Meonk, Sukses Lewat Karakter 'Si Juki'

LAZONE.ID - 'Si Juki' eksis sampai ke Thailand dan Jepang

Ketika ngomong karakter komik lokal, para pecinta komik pastinya langsung kenal dengan nama 'Si Juki'. Karakter komik ciptaan Faza Meonk memang sudah dikenal lewat dunia maya sejak enam tahun lalu. Di Facebook Si Juki, ada puluhan ribu orang yang nge-likes, berbagi postingan Juki, dan juga sibuk berkomentar. 

Pria dengan ciri khas mulut moyong yang digambar Faza pun merambah ke komik onlie Webtoon Indonesia. Dan kini pernah berkolaborasi dengan banyak negara. Salah satunya adalah Korea Selatan, Thailand dan Jepang.

Faza mulai menggambar karena sangat gemar membaca komik. Karakter cowok yang digambarnya dan menjadi kekayaan intelektual bagi Faza dianggap sanggat menampilkan Indonesia banget. 

"Dari wajah dan perawakannya aja saya sudah bikin ala orang Indonesia banget. Ditambah cerita komedi yang jahil-jahilnya Si Juki itu sudah bikin orang ketawa. Dari Juki yang anak kos-kosan serba irit, cerita bulan Ramadan, dan sampai sekarang ceritanya bakal bertambah," kata Faza dalam sebuah wawancara. 
 


Setiap tahunnya, Faza selalu mengembarkan cerita 'Si Juki'. Ada banyak bab soal Juki yang sudah ada di kepalanya. Tahun lalu, dia juga menerbitkan 'Si Juki Space Adventure' yang jalan-jalan ke luar angkasa. Wow! 

Kabar bahagia tahun ini adalah Si Juki berkolaborasi dengan sebuah studio animasi di Jepang yang bernama Asahi Production dengan proyek 'Spectra'. 'Spectra Project' nantinya akan menghadirkan banyak cerita dengan beragam warna. "Meski kerja sama dengan Jepang, tapi tiga karakter dengan tiga cerita yang berbeda akan ditampilkan secara Indonesia banget," tambah Faza. 

Asahi Production merupakan sebuah studio animasi asal Jepang yang berdiri sejak 1973 silam. Berlokasi di Nerima, Tokyo, studio animasi juga menggarap anime-anime ternama seperti 'Mobile Suit Gundam', 'Naruto Shippuden', serta 'One Piece'.

(dirangkum dari berbagai sumber)