Gaia, Serius Eksis Lewat Street Art

LAZONE.ID - Siapa bilang seni jalanan atau mural, gak bisa eksis secara serius? Gaia, seniman jalanan asal Baltimore, Amerika Serikat, membuktikan bahwa seni jalanan pun bisa meraih apresiasi dari pelaku seni kelas dunia.

Siapa bilang seni jalanan atau mural, gak bisa eksis secara serius? Gaia, seniman jalanan asal Baltimore, Amerika Serikat, membuktikan bahwa seni jalanan pun bisa meraih apresiasi dari pelaku seni kelas dunia. Ia menerima pengakuan, review, pameran sampai kesempatan untuk memamerkan karya dan kemampuannya di berbagai museum dan kota-kota di dunia.

Lewat Gaia Paint Gallery, cowok berambut kriwil ini membuat mural dan seni jalanan, tak hanya di jalanan dan bangunan ikonik. Karya-karyanya juga dipamerkan di sejumlah museum di Istambul (Turki), Spoleto (Italia) dan Baltimore Museum of Art, Baltimore, Amerika Serikat (AS).

Cowok 28 tahun kelahiran New York ini juga menggelar pameran solo di London, Houston, Chicago, San Fransisco, Washington (AS) sampai Seoul, Korea Selatan. Ia juga berkarya secara global, membuat mural di Wina (Austria), Detroit (AS) dan Perth (Australia) dan beberapa kota lainnya.

Salah satu karya fenomenalnya adalah One Montreal di Montreal, Kanada. Ia menggambar di sebuah dinding metal, tiga tangan berwarna merah memegang 3 gedung bergaya 1940’an dengan tetesan air raksa mengambang di atasnya.

Gaia sendiri adalah nama yang diambil dari mitologi Yunani, nama seorang Dewi Bumi. Gaia mulai menggambar dan berpartisipasi di pameran sejak remaja high school. Ia mengusung alam ke tengah landscape perkotaan dengan gambar-gambar binatang. “Gue pengin mengekspresikan perasaan takut tersingkir yang aneh mengenai akhir dunia, semangat kepedulian generasi gue mengenai pemanasan global,” bilangnya.

Sampai beberapa tahun ini, lulusan Maryland Institute of Arts ini menggunakan gambarnya sebagai cara untuk berdialog dengan masyarakat dengan pendekatan historis dan sosiologis setempat. Keren bro!