George Weah, Legenda AC Milan Kini Jadi Presiden Liberia

LAZONE.ID - Weah, from soccer to president.

Dari bocah miskin dulunya, George Weah menjadi pesepakbola sukses. Dia menjelma menjadi legenda sepakbola khususnya di AC Milan meski juga banyak bermain di banyak klub lain macam PSG dan Chelsea.

Dan Weah kini mencetak sejarah lagi karena menjadi Presiden Terpilih Kinerja usai menang dalam perolehan suara pemilu di sana. 

Weah yang dulu terkenal buas di lapangan memang sudah banting setir menjadi politikus usai pensiun dari lapangan hijau. Belasan tahun sudah eks bomber Marseille itu terjun ke ranah politik usai gantung sepatu di klub Al Jazira.

George Weah, Legenda AC Milan Kini Jadi Presiden Liberia

Di lapangan, Weah adalah sebuah fenomena karena dia begitu hebat tapi bukan berasal dari Amerika Selatan ataupun Eropa. Dan Liberia adalah negara miskin yang sampai sekarang sepakbolanya mungkin takkan mendengung sama sekali jika nggak ada Weah.

Kehebatan Weah klimaks di Milan. Karenanya dia ditasbihkan sebagai legenda San Siro dan menjadi salah pemain favorit legenda hebat lainnya, Pele. Weah juga masuk daftar 100 pesepakbola terhebat pilihan FIFA.

Insting gol buas di depan gawang bukan satu-satunya senjata Weah. Dia adalah striker komplet karena ulung pula dalam kecepatan dan dribling.

Weah pernah meraih Ballon d'Or pada 1995. Arsene Wenger adalah pelatih yang berjasa kepadanya kala sang profesor merekrutnya ke AS Monaco 1988 silam.

Pemain berjuluk King George itu pun kini menjadi orang nomor satu di negaranya. Sejak lama ia bermimpi menumpaskan kemiskinan di tanah kelahirannya. Semoga sukses Mr Weah!