Gokil, Air Laut Bisa Diminum

LAZONE.ID - Berkat temuan 2 pemuda cerdas, Justin Sonnet dan Chris Mattews. Memanfaatkan tenaga gelombang laut, hasilkan 2000 galon air tawar per hari. Super banget.

Berkat temuan 2 pemuda cerdas, Justin Sonnet dan Chris Mattews. Memanfaatkan tenaga gelombang laut, hasilkan 2000 galon air tawar per hari. Super banget.

Musim kering yang tengah melanda California, jadi inspirasi dua orang lulusan University of North Carolina, Justin Sonnet dan Chris Matthews, untuk menghasilkan terobosan. Mereka menyulap air laut jadi layak untuk diminum. Padahal Bro, seperti yang kita ketahui, didalam air laut itu mengandung garam yang sangat banyak, tapi teknologi temuan keduanya bisa mengatasinya.

Teknologi ini disebut Sweel Actuated Reverse Osmosis System atau yang disingkat menjadi SAROS. Sistem kerja SAROS ini mampu menetralisir air laut menjadi air tawar dan siap untuk langsung diminum. Cara kerjanya adalah kedua pemuda tersebut memanfaatkan pompa bertekanan tinggi yang memanfaatkan energi dari gerakan gelombang vertical. Akibatnya, air laut yang ditransporting ini mampu menghilangkan kadar garam pada air tersebut.

SAROS akan mendorong air laut keluar pada bagian alat pelampung yang menggunakan sistem pendulum. Kemudian, sistem tersebut mengeluarkan gelombang bertenaga yang mampu menarik air laut. Pompa pada alat tersebut memiliki tekanan tinggi melalui membran reverse osmosis dan hasilnya, menyimpan air bersih dalam tangki yang siap untuk diminum.

“Ini jauh lebih murah daripada desalinasi tradisional. Dan kita bisa mendapatkan dengan harga yang lebih rendah,” jelas Sonnet pada Business Insider. Sistem inovatif ini mampu menghasilkan sekitar 2.000 galon air dalam sehari. Dan rencanya nih Bro, pada bulan Januari atau Februari mendatang, mereka akan melakukan uji prototype kedua.

Sebagai tambahan nih Bro, SAROS ini terpilih sebagai salah satu dari 30 project dari pool of 3.600 pada gelaran Helloo Tomorrow Conference yang diselenggarakan di Paris pada bulan Agustus mendatang. Keren, man!