Inspiring People

Hacker Indonesia yang Paling Ditakuti di Dunia

  • 30 May 2017
  • 2117 views

Skill-nya digunakan dalam hal positif.

LAZONE.ID -

Mungkin lo berpikir bahwa gudangnya hacker jelas bukan di Indonesia. Tapi tau enggak lo kalo ada salah satu pemuda Indonesia yang dikenal dunia sebagai hacker yang sangat andal dan berhasil meretas satelit?

Ini dia, Jim Geovedi yang namanya melambung usai berhasil meretas sistem satelit. Bahkan, kata Jim, kalo dia jahat bisa saja dia mengendalikan internet di seluruh dunia. Tapi dia tidak mau melakukan hal itu. Ia meretas satelit hanya untuk memberikan informasi ke perusahaan atau negara pembuat satelit itu jika satelit tersebut masih bisa untuk diretas.

Jadi, nantinya jim akan memberitahu tentang kelemahan dari satelit itu agar satelit tersebut tak bisa diretas oleh para pelaku kriminal. Banyak rumor mengatakan bahwa kemampuan Jim setara dengan hacker legendaris dunia yakni, Evin Mitnick, Linus Torvalds dan Robert Tappan Morris.

Jim adalah seorang pakar keamanan teknologi informasi ternama asal Indonesia yang fokus pada penemuan celah keamanan komputer dan jaringan dengan kekhususan sistem telekomunikasi serta satelit.

Tapi, sebelum Jim menjadi orang yang paling ditakuti dalam dunia hacker, ia sempat menjalani kehidupan jalanan yang keras di Bandar Lampung sebagai seniman grafis. Kejadian itu terjadi setelah ia lulus SMA. Namun, kehidupan dia mulai berubah ketika seorang pendeta memperkenalkannya dengan komputer dan internet. ia mulai belajar secara otodidak dan menelusuri ruang obrolan para peretas ternama dunia.

Jim mendirikan perusahaan konsultasi teknologi informasi untuk lembaga pemerintahan. Enggak cuma itu, pada tahun 2004 ia mencari tahu pelaku peretas sistem pusat penghitungan suara saat pemilihan umum dan berhasil.

Jim pernah meretas satelit Indonesia dan Cina milik para kliennya. Bukan untuk hal kriminal, saat itu dia diminta menguji sistem keamanan kontrol satelit.

Saat ini Jim tinggal di London. Ia juga sering diundang untuk menjadi pembicara dalam berbagai acara untuk membahas masalah sistem keamanan.

tags : Hacking hacker

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...