Hasilkan 1 Juta Dollar, Dengan Jalan-Jalan!

LAZONE.ID - Bebas yang sebenarnya adalah saat loe aman secara finansial yang memungkinkan loe melakukan apa aja yang loe inginkan. Jangan cuma mimpi, lakuin sekarang juga.

“Bebas yang sebenarnya adalah saat loe aman secara finansial yang memungkinkan loe melakukan apa aja yang loe inginkan. Jangan cuma mimpi, lakuin sekarang juga.”

Yang dilakukan Johnny Ward ini sungguh-sungguh profesi impian. Bagaimana enggak, cowok 31 tahun ini meninggalkan kerja kantoran mapannya, berhenti masuk jam 9 pagi pulang jam 5 sore. Lalu membuat perusahaan sendiri dan sekarang menghasilkan 1 juta Dollar AS dengan jalan-jalan keliling dunia!
Ward sendiri enggak percaya dengan hasil kerjanya yang fantastis itu. “Aku berasal dari keluarga miskin. Itu gila, enggak tumbuh dengan berkelimpahan, aku jadi hati-hati dengan uang. Aku takut jatuh miskin lagi,” kata cowok yang dibesarkan ibunya, seorag single mother, di Irlandia Utara ini.
Lalu dari mana ia mendapatkan penghasilan dengan nilai dan cara yang luar biasa itu? Sekitar 9 tahun lalu Ward bekerja di Thailand, mengajar bahasa Inggris. Ia pernah bekerja untuk riset di sebuah rumah sakit di Irlandia untuk membiayai perjalanannya. Lalu mendapatkan pekerjaan mapan dengan bayaran tinggi di Australia.
“Tapi aku masih merasa ada yang kurang. Dan aku enggak bebas, harus minta ijin kalau mau libur. Aku enggak terlalu cocok dengan otoritas,” tutur Ward yang hanya bertahan 6 bulan di kantor Australianya. Sempat dinaikkan gajinya jadi 2 kali lipat, tapi ia tetap keluar dan meluncur ke Afrika saat Piala Dunia 2010 berlangsung, dengan kantong tebal. “Aku enggak pernah melihat uang sebanyak itu di rekeningku, jadi aku memesan tiket sekali jalan ke Zimbabwe.”
Sebelum pergi, Ward membuat website, blog perjalanan untuk mendokumentasikan perjalanannya. Ward yang gaptek, bahkan password Facebook-nya pun ia nggak ingat, akhirnya menghasilkan uang lewat internet, “Aku ingat pertama kali mendapat bayaran dari situ, kalau enggak salah 80 dollar. Orang pertama yang membayar untuk beriklan di websiteku benar-benar mengubah caraku berpikir.”

Selagi keliling dunia ia menuangkan pemikiran yang diperolehnya di blognya, OneStep4Ward dan membuat perusahaan media online, Step4Ward Media yang menyediakan konten dan mengelola socmed. Ward bekerja secara virtual dengan 4 orang lain. Dalam 3 tahun ia menghasilkan 1 juta Dollar AS dan rata-rata 1000 dollar AS per hari.
Ward sangat hati-hati dengan uangnya. Ia menginvestasikan uangnya dengan cermat di sejumlah properti di London dan Bangkok. “Aku kawatir dengan era social media, orang begitu mudah terjebak dengan meme inspirasi dan cuma sharing, padahal ia mestinya melakukannya,” bilang cowok yang telah menginjakkan kakinya di 140 negara ini.
Prinsipnya sederhana. Jangan cuma bermimpi, lakuin sekarang juga. Katanya, loe enggak harus menghasilkan 1 juta dollar. Satu, 10, atau 50 dollar pun cukup untuk memulai asal loe yakin!
“Aku selalu bermimpi jadi orang bebas. Awalnya perasaan ini muncul saat melakukan backpacking dan bangkrut. Tapi aku enggak benar-benar merdeka kalau enggak merdeka secara finansial. Bebas yang sebenarnya adalah saat loe aman secara finansial yang memungkinkan loe melakukan apa aja yang loe inginkan.”