Isi Perut Di Rumah Kaca Terkeren Di Shanghai

LAZONE.ID - Ini dia cafe paling seger di Shanghai, bro. Cafe 27, Lido Park, Beijing yang gedungnya digarap oleh Five O Nine ini ada di tengah rumah kaca.

Ini dia cafe paling seger di Shanghai, bro. Cafe 27, Lido Park, Beijing yang gedungnya digarap oleh Five O Nine ini ada di tengah rumah kaca. "Idenya berangkat dari pilihan konsumen sendiri soal makanan," cerita Lukasz Kos, sang pimpinan proyek arsitekturnya.

Ia memfungsikan sebuah greenhouse alias rumah kaca tempat bertanam tumbuhan termasuk bunga, sebagai gedung restoran serta kafe. Hasilnya, sinar matahari bisa masuk leluasa tanpa terhalang. Biar udara segar sekaligus mengurangi intensitas panas, arsitek Stefano Boeri bikin lapisan pakai tanaman hijau dalam pot-pot bentuk kubus yang digantung di bagian luar dan dalam bangunan. Bagian ini disebut sebagai green-wall alias dinding hijau.

Ia sudah uji coba seputar pemurnian udara segar tadi, antara lain di Milan, yang dinamai proyek hutan vertikal. Secara keseluruhan, tampilan tempat makan ini adalah paviliun hijau. Ubin lantainya juga unik: bisa ngurangin gerah di musim panas, tapi bisa menghantarkan panas di musim dingin, jadi menambah hawa hangat dalam ruangan.

Dapurnya dibuat menyatu ruang makan dan nongkrong, hanya dipisahkan kaca tebal serta dekorasi kayu. Sedang tempat menyiapkan minuman dibuatkan bar terbuka yang bisa dilihat langsung oleh tamu. Bikin seger otak, mata dan lidah deh...