Jatuh Bangun Nicholas Kurniawan, Pengusaha Ikan Hias Berpenghasilan Ratusan Juta

LAZONE.ID - Jatuh Bangun Nicholas Kurniawan, Pengusaha Ikan Hias Berpenghasilan Ratusan Juta

Untuk menuju kesuksesan, atau cita-cita yang lo inginkan, tentunya lo harus berjuang keras, jatuh bangun untuk mendapatkan itu semua. Hal itu juga dilakukan oleh Nicholas Kurniawan, pengusaha ikan hias yang memiliki omzet perbulan lebih dari Rp 100 juta.

Dari SD Nicholas emang udah memiliki jiwa pebisnis. Saat itu doi menjual berbagai mainan di sekolahnya. Menginjak SMP, doi menjual baju di sekolah, dan SMA ia terus berusaha dengan mengikuti berbagai jenis MLM hingga asuransi. Doi emang berasal dari keluarga sederhana.

Jatuh Bangun Nicholas Kurniawan, Pengusaha Ikan Hias Berpenghasilan Ratusan Juta

Pernah suatu hari, keluargnya mengalami kesulitan dalam finansial yang membuat ayahnya sering meminjam uang kesana kemari. Hal itu juga yang akhirnya mendorong Nicholas terus mencari uang sejak kecil. Awal mula jadi eksportir ikan saat doi duduk di bangku SMA. Nicholas dikasih ikan garra rufa oleh seorang temannya.

Nicholas enggak terlalu tertarik merawat ikan, doi akhirnya menjualnya di FJB Kaskus. Tawaran yang datang ternyata banyak. Ia akhirnya mencari penjual ikan tersebut yang murah dan menjualnya kembali. Akhirnya, uang dia terkumpul hingga Rp 10 juta di usia 17 tahun. Tapi, doi harus menelan kenyataan pahit karena enggak naik ke kelas 3, padahal doi punya prestasi yang sangat membanggakan.

Nicholas akhirnya pindah sekolah. Dia juga tetap berusaha karena ia bercita-cita kuliah di Prasetiya Mulya Business School BSD. Kuliah di situ tidak murah, total biaya smester 1 mencapai Rp 100 juta. Nicholas kembali menekuni dunia eksportir secara dalam. Ia pun pernah ditipu oleh mitranya sendiri sebesar Rp 30 juta.

Nicholas enggak mau menyerah. Akhirnya uang Rp 100 juta itupun terkumpul dan ia berhasil kuliah di sana. Meski sempat beberapa kali ditipu oleh calon pembeli, bisnis ikan hias Nicholas kini sudah menjangkau luar negeri dan dalam sebulan omzetnya bisa mencapai lebih dari Rp 100 juta.