Jejak Karier Kreator SpongeBob, Stephen Hillenburg

LAZONE.ID - Doi memang hobi gambar, walaupun beda bidang pendidikan

Siapa sih yang enggak tau sama kartun SpongeBob SquarePants. Nah, belakangan ini kita nerima kabar duka nih kalo pencipta tokoh kartun yang populer itu, Stephen McDannell Hillenburg, tutup usia. Tapi, kisah doi hingga sukses, cukup menginspirasi nih.

Hillenburg lulus dari Humboldt State University di California pada tahun 1984 dengan gelar sarjana dalam bidang perencanaan dan interpretasi sumber daya alam, dengan penekanan pada sumber daya laut.

Kemudian, doi mengajar biologi kelautan di Orange County Marine Institute (sekarang Ocean Institute) di Dana Point, Calif. Tapi, doi hobi menggambar bro. Sampai akhirnya dia melanjutkan pendidikan di jurusan animasi eksperimental di Institut Seni California.

Jejak Karier Kreator SpongeBob, Stephen Hillenburg

Nah, Hillenburg pun menjadi seorang penulis dan sutradara pada seri Nickelodeon. Di sana, doi mengembangkan karakter SpongeBob, termasuk Tom Kenny, yang memberikan suara khas untuk karakternya. Doi pun membeberkan alasannya mengapa spons kuning yang terkenal itu muncul.

"Spons adalah hewan lucu untuk menjadi pusat perhatian. Awalnya saya menggambar beberapa spons alami seperti bentuk amorf, gumpalan, yang menjadi hal wajar untuk dilakukan seorang guru ilmu kelautan. Lalu saya menggambar spons persegi, dan itu tampak sangat lucu. Saya pikir, sejauh bahasa kartun, dia lebih mudah dikenali. Dia sepertinya cocok dengan tipe karakter yang saya cari, yaitu eksentrik dan agak bersih," katanya.

Akhirnya, kartun itu sukses dan mendapat tawaran untuk mengangkatnya ke layar lebar. Film ini menghasilkan sekitar USD 140 juta atau sekitar Rp 2 triliun dari seluruh dunia. Selain itu, ada juga film SpongeBob seri kedua. Film itu kembali sukses dengan pendapatan USD 325 juta.

Karakter SpongeBob memang begitu fenomenal di seluruh dunia. Meski sang pencipta sudah meninggal, namun karyanya yang mampu menghibur dunia akan terus dikenang selamanya.