John Boyega, Wajah Baru Star Wars

LAZONE.ID - Stormtrooper pertama yang mengundang kontroversi, bahkan fans mengancam boikot.

Stormtrooper pertama yang mengundang kontroversi, bahkan fans mengancam boikot.
Episode ketujuh film Star Wars: The Force Awakens, akan segera tayang mulai tanggal 18 Desember 2015, bro. Pemain-pemainnya, hampir semua loe udah tahu dong. Tapi diantara banyak bintang itu, ada satu karakter yang enggak asing tapi diusung oleh nama baru, John Boyega. Siapa sih dia?

Sang sutradara J.J. Abrams yang juga merupakan penggemar berat Star Wars memperkenalkan John Boyega sebagai Finn, Stormtrooper di episode terbaru ini, bro. Finn digambarkan sebagai Stormtrooper yang kabur di trailer film sebelumnya, hingga akhirnya ia ditampilkan untuk pertama kalinya memegang lightsaber biru klasik ala Luke Skywalker.

Boyega merupakan aktor keturunan imigran Nigeria, kedua orang tuanya pindah ke Inggris sebelum dia lahir. Star Wars membawa ketenaran, tapi Boyega mengaku masih kagok ngobrol tentang kehidupan pribadinya. Dia cuma bilang bahwa dia doyan olah raga, main video games dan koleksi action figures yang sering dipostingnya di Instagram.

Dia juga punya kucing loreng oranye hitam yang dia dapatkan sesudh produksi Star Wars tahun lalu. Namanya eksotik banget bro, Oluwalogan. Ini merupakan bahasa Yoruba dari Nigeria, yang artinya Dewa.

Begitu ngomongin peran barunya di film yang belum rilis ini, Boyega makin misterius lagi. Dia merupakan karakter pertama yang dilihat fans saat trailer Star Wars pertama kali dirilis. “Fin itu sebuah proses, seperti kisah dewa dan super hero di berbagai mitologi. Semua karakter yang kita sukai, Batman, Spiderman, enggak pernah memulai perjalanannya sebagai figur super yang kita kenal,” katanya dalam aksen Inggris kental.

Pemilihannya sebagai Stormtrooper sempat mengundang kontroversi. Tahun lalu Twitter dipenuhi ocehan yang mempertanyakan keputusan Disney memilih seorang aktor berkulit hitam untuk karakter ikonik ini dan mengancam melakukan aksi boikot. Reaksi Boyega cool, “Terima aja lah, get use to it.”

Boyega sadar, setiap peran pasti akan ada impact-nya. Tapi dia enggak mau peran film bikin kacau hidupnya. “Kalau loe jadi aktor, dan mereka mengabari loe dapat kesempatan untuk audisi film, perbedaan gak bakal jadi hal pertama yang loe pikirin.”