John De Lorean, Pencipta Si Penjelajah Waktu

LAZONE.ID - Tokoh kunci di balik kisah Back to the Future. Ia yang menciptakan mobil yang membawa McFly wara-wiri ke masa lalu.

Tokoh kunci di balik kisah Back to the Future. Ia yang menciptakan mobil yang membawa McFly wara-wiri ke masa lalu.

Mobil ikonik ini pasti susah dilupain loe yang ngikutin film Back To The Future. Mobil De Lorean ini dipakai sama McFly buat balik ke masa lalu untuk menciptakan sejarah dari orang tuanya. McFly gak sendirian, dia ditemani sama Doc Brown yang ngebuat mobil ini jadi mesin waktu.
Tapi bro, dibalik cerita di film ternyata mobil ini punya cerita sendiri yang enggk kalah seru. Adalah John DeLorean, orang penting dibalik salah satu sumber kehebohan Back to the Future ini. Ia adalah pendiri Delorean Motor Company (DMC) di Houston, Amerika Serikat, produsen DeLorean DMC-12, sang mobil penjelajah waktu.

Ia mendirikan DMC pada 1975 dan meraih popularitas berkat trilogi Back to the Future dan DMC 12, mobil dengan pintu model sayap itu. Sayangnya pada 1982, perusahaannya mengalami kesulitan keuangan dan harus menyatakan kebangkrutan. Dalam upayanya mengumpulkan modal, John De Lorean bahkan tampil dalam film.

Ia juga pernah dituduh mengumpulkan uang dari bisnis penyelundupan narkoba. Tapi akhirnya ia terbukti menjadi korban penjebakan dan dinyatakan tidak bersalah. DMC-12 bisa dibilang mobil pertama dan satu-satunya yang pernah dibuat dan sukses oleh John DeLoreran. Ia hanya memproduksi 9000 unit di Belfast, Irlandia Utara. Yang ngebuat mobil ini jadi menarik pada zaman itu adalah modelnya yang tergolong futuristik dengan desain landai dan menggunakan pintu bergaya gull-wing (ngebuka keatas). Makanya ikonik banget kan bentuk mobilnya.

Tapi nih bro, beberapa tahun terakhir DeLorean DMC-12 kembali mengundang perhatian. Soalnya di tahun 2007 lalu, kabarnya mereka mau memproduksi mobil ini dengan desain yang sama, tapi jumlahnya terbatas aja lho yakni sebanyak 20 unit per tahunnya sejak 2008.
Di 2011, pabrikannya bilang kalo mereka mau memproduksi mobil ini dengan desain yang sama tapi dengan menjadikannya sebagai mobil listrik dengan motor elektrik sebesar 400 volt. Mobil yang diklaim dapat menghasilkan hingga 260 tenaga kuda ini rencananya akan mulai diproduksi pada tahun ini bro. Kita tunggu deh.